Perhelatan Peparnas XVI Tahun 2021 Resmi Dibuka

Yovie Wicaksono - 6 November 2021

SR, Jayapura – Perhelatan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Tahun 2021 telah resmi dibuka oleh Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin di Stadion Mandala, Jayapura, Papua pada Jumat (5/11/2021/021).

Mengusung tema Cahaya dari Timur Papua, pembukaan Peparnas dimeriahkan oleh sejumlah musisi asal Papua, penyanyi Anggun C. Sasmi, Edo Kondologit, pertunjukkan drone sebanyak 500, serta kembang api yang menghiasi langit Cenderawasih. 

Tidak hanya itu, para atlet dari 34 provinsi di Indonesia juga ikut serta dalam acara ini. Sebelumnya, mereka juga telah melakukan latihan di masing-masing venue cabang olahraga. 

Dalam sambutannya, Ma’ruf Amin menyatakan bahwa Peparnas merupakan ajang untuk mendobrak batas diri sebagai pemenang. Dikatakan, Peparnas bukan sekedar kompetisi olahraga tapi pembuktian adanya semangat kesetaraan dan kesamaan bagi semua. 

“Mari kita rayakan dalam semangat persaudaraan bersama anak bangsa sesuai semboyan Sehati Mencapai Tujuan, Ciptakan Prestasi,” katanya. 

Sebagai bentuk komitmen pemerintah nantinya penutupan Peparnas akan dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo. “Meskipun banyak tantangan, masyarakat Papua yang sa (saya) sayang telah berhasil menyiapkan venue tempat pertandingan. Saudara-saudara adalah inspirasi dan energi bagi sesama bangsa negara, saudara-saudara adalah obor yang menyalakan semangat untuk meraih prestasi dan pantang menyerah, sukses menanti kalian semua,” kata Ma’ruf Amin. 

Peparnas Papua ini mempertandingkan 12 cabang olahraga dengan 602 nomor pertandingan. Tak kurang dari 1.985 atlet dari 34 provinsi bersaing dalam pesta olahraga untuk atlet difabel terbesar di Tanah Air tersebut. 

Adapun cabang olahraga yang ditandingkan diantaranya bulutangkis, angkat berat, tenis kursi roda,  tenis meja, judo tunanetra, sepakbola cp, menembak, atletik, catur, boccia, renang, dan panahan. (ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.