Pelanggan KA Melonjak Saat Liburan Panjang, Ini 5 Kota Tujuan Tervaforit

Rudy Hartono - 27 May 2024
Suasana peron di Stasiun Surabaya Kota saat pelanggan menunggu kereta jarak jauh yang akan mereka tumpangi. (foto: KAI Daops 8 Surabaya)

SR, Surabaya  – Liburan panjang selalu menjadi tantangan manajemen PT KAI Daop 8 dalam usaha memberi layanan terbaik pelanggan. Ini mencermati animo pelanggan yang tinggi dalam menggunakan moda transportasi kereta api untuk tujuan jarak jauh ke luar kota.

Pada liburan panjang pada Hari Raya Waisak dan cuti bersama akhir pekan, mulai 22-26 Mei 2024 tercatat sebesar 96.164 pelanggan yang berangkat dari wilayah KAI Daop 8 Surabaya. Jadi jumlah pelanggan meningkat sebesar 32 persen atau 23.519 pelanggan, dibanding periode yang sama minggu sebelumnya yang tercatat hanya 69.354 pelanggan

“Bisa disimpulkan bahwa masyarakat masih menjadikan transportasi kereta api sebagai pilihan utama untuk melakukan mobilitas saat libur panjang,” kata Luqman Arief, Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya dalam keterangannya di Surabaya, Senin (27/5/2024).

Untuk pelanggan yang berhenti dan turun di wilayah Daop 8 Surabaya juga mengalami peningkatan 28 persen, dari 66.516 pada minggu lalu menjadi 86.093 penumpang.

“Puncak kepadatan keberangkatan pada periode libur panjang akhir pekan tersebut yaitu pada Kamis (23/5/2024), dengan jumlah pelanggan sebanyak 21.250 pelanggan,” ucapnya.

Sementara, untuk penumpang yang turun, lanjutnya, tertinggi terjadi pada Minggu (26/5/2024) dengan jumlah pelanggan sebanyak 20.549 pelanggan.

Selain itu, pihaknya mencatat ada lima KA tujuan favorit yang mendominasi yakni Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Jember dan Banyuwangi.

“Sedangkan lima KA jarak jauh paling favorit keberangkatan dari Daop 8 Surabaya antara lain, KA Airlangga relasi Surabaya Pasarturi – Pasarsenen, KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasarturi – Gambir, KA Sancaka relasi Surabaya Gubeng – Yogyakarta, KA Malabar relasi Malang – Bandung dan KA Tawangalun relasi Malang Kotalama – Ketapang,” ujarnya. (*/red)

Tags: , , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.