PDI Perjuangan Jatim Kawal Raperda Pengembangan Pondok Pesantren

Yovie Wicaksono - 9 March 2021
Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim menggelar Focus Group Discussion (FGD) tentang Raperda Pengembangan Pondok Pesantren, Selasa (9/3/2021). Foto : (Super Radio/Fena Olyvira)

SR, Surabaya – Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim, Sri Untari Bisowarno menegaskan akan terus mengawal Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pengembangan Pondok Pesantren (ponpes).

“Kita akan kawal dan ikut membahas dengan intens, bahkan juga melakukan kunjungan ke beberapa Pondok Pesantren di Jawa Timur,” ujar Untari saat ditemui Super Radio di DPRD Jatim, Selasa (9/3/2021).

Hal senada juga dikatakan anggota Komisi C DPRD Jatim Dapil Madura, Mahfud. Tujuannya, agar Raperda ini tepat sasaran dan benar menyentuh Pondok Pesantren.

“Kalau bicara Raperda Ponpes kami sangat mendukung dan akan kami kawal dengan ketat. Di Madura memang lumbungnya Ponpes, jadi kami ingin bagaimana Raperda ini nantinya memang menyentuh Ponpes dan tidak salah sasaran,” kata anggota Panitia Khusus (Pansus) Pengembangan Pondok Pesantren DPRD Jatim ini.

Selama reses di Madura, Mahfud juga mensosialisasikan kepada masyarakat dan para tokoh ulama, bahwa DPRD Jatim sedang membahas Raperda Pengembangan Pondok Pesantren. Sosialisasi ini sekaligus menampung berbagai masukan dalam pembahasan Raperda.

Ponpes di Jawa Timur, dikatakan Mahfud mempunyai berbagai macam karakter, mulai dari salaf, khalaf, modern, hingga enterpreneur. Diharapkan, Raperda tersebut bisa mewadahi berbagai macam karakter Ponpes yang ada.

“Ponpes ini kan di jatim banyak macemnya, dan berbagai macam karakter Ponpes nantinya harus bisa terwadahi, jangan sampai Raperda ini mengubah karakter Ponpes, itu tidak kita inginkan,” ujarnya.

“Maka dari itu kita akan melakukan kunjungan-kunjungan ke Ponpes, bagaimana keberadaan Raperna ini bisa benar-benar diterima oleh mereka. Minimal ada keterwakilan dari Ponpes yang kita kunjungi dari 4 karakter itu,” imbuhnya. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.