PDI Perjuangan Jatim Gelar Psikotes dan Wawancara Calon Pengurus PAC Surabaya

Yovie Wicaksono - 16 June 2021

SR, Surabaya – Mendekati gelaran Musyawarah Anak Cabang (Musancab), PDI Perjuangan Kota Surabaya lakukan psikotes dan wawancara kepada calon Pengurus Anak Cabang (PAC) pada Rabu, (16/6/2021).

Tes diselenggarakan di kantor DPD PDI Perjuangan Jatim selama 3 hari, mulai Rabu-Jumat (18/6/2021) dengan jumlah peserta sekira 50 orang per hari.

Dalam pelaksanaannya, Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) dipilih sebagai salah satu bagiannya.

“Kita mengikuti arahan DPP, yang menggandeng Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) itu Dewan Pusat Partai (DPP) dan sudah berlangsung mungkin 10 tahun lebih. Himpsi ini dinilai memiliki profil juang,” ujar Wakil Sekretaris Internal DPD PDI Perjuangan Jatim, SW. Nugroho.

Pada kegiatan tersebut, Nugroho menjelaskan, bahwa tes ini bertujuan untuk  untuk mewujudkan partai modern tanpa meninggalkan ruh kerakyatan.

“Ini diperlukan karena partai kita ingin menjadi partai yang modern tapi tidak meninggalkan ruh kerakyatan. Jadi dengan itu kan bisa dipetakan, ter potret karakter orang itu seperti apa,” ucapnya.

Menurutnya, kegiatan yang baru dilakukan pertama kali pada PAC tersebut, juga dapat mempermudah DPP dalam melihat rekam jejak tiap kader.

“Semakin banyak manusianya itu mengelolanya semakin tidak mudah. Sekarang kalau DPP mau memilih anggota untuk ditugaskan bisa dipermudah dengan database ini,” imbuhnya.

Selaras dengan hal tersebut, Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim Kusnadi mengatakan, melalui instrumen tes psikologi dan assessment, akan diketahui kompetensi para calon, baik dari sisi kompetensi manajerial, kompetensi sosial maupun rekam jejak kandidat.

Menurutnya rekrutmen yang dilakukan secara fair adalah untuk memenuhi harapan publik sebagai organisasi modern yang terpercaya. Juga sebagai Partai yang paling siap melahirkan pemimpin di masyarakat.

“Dengan rekrutmen kepemimpinan yang terbuka dan fair begini tentu akan semakin menarik masyarakat bergabung. Termasuk dari kalangan milenial untuk bergabung masuk ke PDI Perjuangan,” ungkap Kusnadi. (hk/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.