Ngabuburit Sambil Belajar Mikroplastik di Desa Krikilan Driyorejo

Yovie Wicaksono - 14 April 2022

SR, Gresik – Ngabuburit atau tradisi menunggu buka puasa di bulan suci Ramadan bisa diisi dengan berbagai aktivitas, salah satunya dengan belajar tentang lingkungan hidup melalui pameran edukasi sampah plastik yang digelar Yayasan Ecoton di Desa Krikilan, Kecamatan Driyorejo, Gresik, Jawa Timur. 

Koordinator Pameran Plastik Brantas XOXO, Kholid Basyaiban mengatakan, dalam pameran yang digelar selama Ramadan ini, pengunjung bisa melihat dan melakukan uji terhadap air dari sumur masing-masing.

Mahasiswa Fakultas Pertanian Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan Universitas Trunojoyo Madura selaku panitia penyelenggara, Dhito Maulana mengatakan, pameran Brantas XOXO cukup menarik perhatian siswa siswi.

Siswa kelas 5 SDN 1 Krikilan, Nurul dan Gisel mengaku sedih setelah melihat sungai yang tercemar.

“Tadi saya melihat mikroskop dan menemukan plastik berwarna coklat, ternyata itu adalah mikroplastik, mikroplastik adalah plastik yang berukuran kecil kurang dari 5 mm,” kata Gisel, Rabu (13/4/2022).

Sementara itu, pendamping siswa dan siswi SDN 1 Krikilan, Imam Fauzi mengatakan, kegiatan seperti ini bisa menjadi sarana untuk edukasi dan pembelajaran di usia dini. 

“Saya harap kegiatan ini bisa membuka pikiran anak anak untuk paham tentang pengelolaan sampah,” ujarnya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.