Makna Menjadi Sahabat bagi Semua Orang

Yovie Wicaksono - 25 December 2019
Pastur Paroki Santo Paulus Juanda, Sidoarjo, Romo Christophorus Tri Kuncoro Yekti saat mendoakan pemulihan umat seusai Misa Malam Natal, Selasa (24/12/2019). Foto : (Super Radio/Fena Olyvira)

SR, Sidoarjo – Pastur Paroki Santo Paulus Juanda, Sidoarjo, Romo Christophorus Tri Kuncoro Yekti mengatakan, menjadi sahabat bagi semua orang sama halnya seperti apa yang telah dilakukan Tuhan, yakni mau menerima semua orang, bukan hanya yang suci saja melainkan juga yang berdosa.

“Sahabat berarti mau menolong, sama seperti kalau Tuhan menolong semua orang tidak peduli suci atau berdosa. Itu memang imperatif pesan dari natal dan idealnya begitu,” ujar Romo Cuncun sapaan akrabnya, Selasa (24/12/2019).

“Agar sampai ke situ ya kita tetap mohon agar diberikan kekuatan untuk bisa menerima semua orang, tanpa memilih-milih,” imbuhnya.

Romo Cuncun mengatakan, untuk mampu menjadi sahabat itu tentu pernah diterima menjadi sahabat, seseorang yang mampu mencintai itu kalau ia pernah mengalami dicintai.

“Menjadi sahabat itu ngerti caranya kalau pernah diterima sebagai sahabat, diakui sebagai sahabat. Secara normatif kita telah dicintai Tuhan, tapi secara eksistensial pengalaman pribadi butuh mengalami sendiri, baru beriman. Iman itu kan normatif, tapi orang belum tentu beriman kalau tidak mengalami sendiri,” ujarnya.

Terkait toleransi, Romo Cuncun mengatakan, orang yang lahir di Indonesia secara natural akan mengalami dan mengamini toleransi, karena sejak awal Indonesia lahir dari berbagai perbedaan.

“Mestinya kita terbiasa dengan sikap toleransi, karena Indonesia terdiri dari ratusan bangsa. Justru kalau dipaksa satu jenis itu ngeri,” tandasnya.

Sekedar informasi, perayaan Natal 2019 ini bertemakan “Hiduplah sebagai Sahabat bagi Semua Orang” yang berisikan pesan damai, dimana umat Kristiani di Indonesia diajak untuk hidup sebagai sahabat bagi semua orang. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.