Mahfud MD: Para Staf Ahli Jangan Terjebak Pada Ego Sektoral

Yovie Wicaksono - 16 December 2022

SR, Jakarta – Indonesia harus siap menghadapi berbagai tantangan di tahun 2023, seperti ancaman resesi, ketidakpastian situasi, serta kondisi politik global dan regional. Karenanya, tidak boleh ada ego sektoral antar kementerian dan lembaga.

Demikian yang disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dalam sambutannya ketika membuka acara Forum Komunikasi Staf Ahli Menteri (Forkomsam) di Jakarta. 

“Supaya disampaikan kepada pimpinan masing-masing, sebenarnya yang menjadi pusat ego itu adalah pemerintah, dalam hal ini Presiden. Tidak boleh pakai sektoral-sektoral, ini urusan Menteri ini, ini jangan dicaplok, dan macam-macam. Disinkronisasikan saja,” kata Mahfud. 

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini juga mengingatkan kepada seluruh Staf Ahli yang hadir untuk tidak terjebak pada ego sektoral, dan terus melakukan konsolidasi terkait data, policy, dan implementasi kebijakan. Ia yakin keahlian para Staf Ahli diperlukan untuk mengatasi masalah ego sektoral yang tidak kunjung selesai.

“Kadang ini soal koordinasi, kalau Presiden sudah mengatakan ini sesuai keputusan, tidak usah dilawan dengan teori, pokoknya laksanakan, yang tanggung jawab Presiden. Kalau memang ada benturan peraturan, sampaikan secepatnya, nanti Presiden akan mengambil keputusan, bukan berdebat lalu ditutup, itu tidak selesai. Dan itu yang menyebabkan program tidak jalan,” kata Mahfud.

Lebih lanjut Mahfud menyampaikan, kunci dalam menghadapi tantangan ego sektoral yaitu melalui penguatan kolaborasi antar kementerian, lembaga, dan forum komunikasi pimpinan daerah. 

Selain itu, untuk menghadapi tantangan global, harus diimplementasikan juga penyelenggaraan RPJMN 2020-2024, khususnya pembangunan nasional di bidang politik, hukum, pertahanan, dan keamanan serta transformasi pelayanan publik.

“Tolong dipikirkan dan berikan masukan-masukan kepada pejabat masing-masing yang nanti akan membuat kebijakan dan mengendalikannya, karena tahun 2023 sudah masuk tahun politik,” kata Mahfud. (ns/red)

Tags: ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.