Begini Cara Suster Ursulin Peringati 160 Tahun Pelayanan di Kota Pahlawan

Yovie Wicaksono - 7 October 2023

SR, Surabaya – Memperingati 160 tahun Ursulin di Surabaya, Kampus Santa Maria Surabaya menggelar open house bagi warga kota Pahlawan, Sabtu (7/10/2023).

Koordinator Kampus Santa Maria Sidoarjo, Sr. Lidwina Suhartati, OSU mengatakan, kegiatan ini untuk mensyukuri perjalanan panjang Suster Ursulin yang telah berkarya dalam dunia pendidikan sejak 14 Oktober 1863.

Karya Suster Ursulin ini terekam dalam dokumentasi sejarah berupa foto yang dipamerkan bagi masyarakat umum.

“Cerita foto dimulai dari perjalanan Suster Louise Demarteau, OSU. Beliau adalah pemimpin Biara Ursulin Pertama di Kepanjen. Singgah ke Surabaya bersama 5 suster untuk melanjutkan misinya dalam dunia pendidikan,” ujar Sr. Lidwina.

Ditambahkan, foto tersebut merupakan kumpulan mulai tahun 1863 hingga 2023. Ditampilkan sekolah pertama Lagere School/SD “Santa Angela” yang mulai beroperasi pada 3 November 1864.

Lalu, disusul Lagere School/SD “Santa Ursula” (1867), Sekolah Keterampilan Wanita (1874), Sekolah Taman Kanak-kanak “Frobel” (1877), dan Sekolah Guru “Santa Catarina” (1880).

Ada juga foto tahun 1900, saat Suster Angele Flecken, OSU mendirikan biara di Jalan Celaket 55, Malang (Sekarang Biara Santa Trinitas/Cor Jesu).

“Ada juga foto lain mulai dari TK, SD, SMP, dan SMA Santa Maria Surabaya. Sementara, di Sidoarjo ada TK, SD dan SMP Santa Maria II Sidoarjo, dan di Pacet Mojokerto terdapat SMP Santo Yusup Pacet,” terang Sr. Lidwina.

Sekadar informasi, tema 160 tahun Ursulin di Surabaya ini adalah “Berakar di masa lampau, hidup di masa kini dan menggapai masa depan”.

“Dengan tema ini, kami berharap semangat para pendahulu tidak luntur dan terus berkembang. Semua dengan kemuliaan Tuhan dan keselamatan jiwa-jiwa,” pungkas Sr. Lidwina. (nio/red)

Tags: , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.