Lukisan Digital Bertema “Nurani Menggugat Reformasi” Hadir di Surabaya. Catat Tanggalnya!

Yovie Wicaksono - 22 May 2021
Lukisan Karya Seniman Yayak Yatmaka. Foto : (Super Radio/Hamidia Kurnia)

SR, Surabaya – Dinding di Galeri Seni Dewan Kesenian Surabaya (DKS),  dipenuhi beragam lukisan digital karya seniman Yayak Yatmaka.

Bertema “Nurani Menggugat Reformasi”, ratusan lukisan digital ini adalah gambaran realitas sosial di Indonesia.

Yayak mengatakan, lukisan ini sebagai pengingat masyarakat terkait kejadian-kejadian di masa lampau. Mulai dari reformasi, hari lahir Surabaya, hingga lumpur Lapindo.

Ia juga memiliki alasan khusus mengapa pameran ini digelar mulai 21 hingga 31 Mei 2021.

“Kita pilih 21 hingga 31 Mei karena banyak momen penting yang terjadi. Tanggal 21 Mei ada reformasi, 31 Mei hari lahir Surabaya, dan pada 29 Mei 2006 terjadi lumpur Lapindo sampai sekarang,” ujarnya saat ditemui Super Radio, Sabtu (22/5/2021).

“Sepanjang 10 hari, ada banyak agenda yang bisa diikuti masyarakat umum. Mulai hari ini ada webinar yang dilakukan selama tiga hari, lalu di hari berikutnya ada workshop tentang gambar sebagai senjata rakyat merdeka, lalu di sore hari ada pemutaran film-film dokumenter Indonesia Biru, film tentang lingkungan hidup, dan film Pulau Plastik,” imbuhnya.

Lukisan Karya Seniman Yayak Yatmaka, di Galeri Seni, Dewan Kesenian Surabaya. Foto : (Super Radio/Hamidia Kurnia)

Yayak menambahkan, total ada 850 gambar ukuran kecil dan 150 gambar seukuran baliho karya digitalnya yang dikumpulkan sejak 2013.

Pria lulusan Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1970 ini berharap, pameran ini dapat menjadi pengingat bagi masyarakat.

“Ini pengingat agar rakyat ini sadar, awas, dan waspada bahwa kita itu mendapat serangan dan teror yang kemungkinan itu kita bisa menjadi bodoh, menjadi alat, menjadi bahkan tak berguna untuk kehidupan bersama,” pungkasnya. (hk/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.