Khofifah Resmikan Gedung Trauma Center dan Intensive Care RSUD dr Soedono Madiun

Yovie Wicaksono - 4 February 2021
Resmikan Gedung Trauma Center dan Intensive Care RSUD dr Soedono Madiun. Foto : (JNR)

SR, Madiun – Guna menambah layanan kesehatan di wilayah Mataraman, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa meresmikan Gedung Trauma Center dan Intensive Care RSUD dr Soedono Kota Madiun, Rabu (3/2/2021).

Dalam sambutanya Khofifah mengatakan, layanan kesehatan ini merupakan proses penguatan derajat kesehatan masyarakat. Ini akan menjadi satu kesatuan dari peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). 

“Dengan SDM berkualitas maka suatu daerah punya daya saing yang bagus,” katanya. 

Selain itu lanjut Khofifah, Jatim punya pekerjaan rumah besar yaitu menurunkan angka stunting (kekurangan gizi kronis yang terjadi selama periode paling awal pertumbuhan dan perkembangan anak, red).

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, prevalensi stunting Jawa Timur tidak terpaut jauh dari angka nasional, yaitu mencapai 26,91 persen dengan risiko stunting tertinggi pada kabupaten Probolinggo, Trenggalek, Jember, Bondowoso dan Pacitan.

“Kita memang harus menurunkan angka kematian ibu, bayi dan stunting,” ujarnya.

Khofifah ingin mengajak kepada semua pihak untuk terus melakukan peningkatan kualitas diri, kualitas layanan dan kualitas kesehatan masyarakat.

“Harus diidentifikasi berapa SDM yang akan melakukan penguatan pada operasionalisasi trauma center termasuk juga intensive Care,” ungkapnya. 

“Mungkin nanti kita bisa menghitung kembali kebutuhan CPNS untuk mendukung operasional trauma center dan intensive care untuk memberikan pelayanan pada masyarakat wilayah Madiun dan mataraman secara umum,” imbuhnya.

Khofifah berharap, dr Soedono bisa menjadi rujukan untuk pelayanan kesehatan khusus dan menjadi semakin produktif dan profesional  “Dulu saya tantang dr Soetomo untuk membuat layanan stem Cell pasien sehingga masyarakat yang biasanya berobat keluar negeri bisa terlayani, dan ternyata bisa dilayani,” tandasnya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.