Khofifah Dorong Percepat Vaksinasi Meski Kota Kediri Berstatus PPKM Level 1

Yovie Wicaksono - 25 October 2021

SR, Kediri – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa didampingi Forkopimda, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar beserta pejabat tinggi TNI – Polri  lainnya, meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Rumah Sakit Bhayangkara Kota Kediri, Senin (25/10/2021).

Dalam sambutannya Khofifah menjelaskan bahwa Kota Kediri termasuk dari salah satu daerah di Jawa Timur yang saat ini  berstatus PPKM level 1.

Menurutnya, penanggulangan Covid-19 sudah mampu berjalan dengan baik. Meski begitu ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga protokol kesehatan dengan baik.

Selain itu, Khofifah juga meminta peran aktif pemerintah daerah dalam upaya percepatan vaksinasi, seperti sebelumnya yang sudah dilakukan.

“Tetap percepat vaksinasi, mungkin ada saudara-saudaranya yang belum mengikuti vaksinasi,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Khofifah juga menjelaskan perihal Inmendagri nomor 53 tahun  2021 tentang adanya persyaratan tambahan mengenai status level PPKM suatu daerah, juga dipengaruhi cakupan penyebaran vaksinasi yang sudah dilakukan.

“Mulai tiga hari lalu sudah mulai terintegrasi dalam asesmen level situasi Covid-19 Kemenkes. Sebelumnya asesmen level Covid-19 Kemenkes menggunakan 6 indikator. Kalau menggunakan 6 indikator, 34 kota maupun kabupaten di Jawa Timur sudah masuk level 1. Nah Inmendagri nomor 53 ini mempersyaratkan tambahan level situasi Covid-19 dengan capaian vaksinasi untuk umum maupun lansia,” jelasnya.

“Capaian vaksin untuk umum minimal serapan 70 persen, sementara lansia 60 persen. Baru bisa masuk level 1 PPKM. Bahwa Kota Kediri termasuk PPKM sudah level 1,” imbuhnya. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.