KA Bandara dari Stasiun Manggarai Beroperasi, Menhub Optimis Jumlah Penumpang Meningkat

Yovie Wicaksono - 5 October 2019
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat meninjau langsung Soft Launching Pengoperasian KA Bandara di Stasiun Manggarai, Sabtu (5/10/2019). Foto : (Dephub)

SR, Jakarta – Kereta Api (KA) Bandara Soekarno Hatta mulai beroperasi dari Stasiun Manggarai, pada Sabtu (5/10/2019). Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berharap, hal tersebut mampu meningkatkan jumlah penumpang.

“Saya harap dengan penambahan pelayanan KA Bandara menuju Soekarno-Hatta dari Stasiun Manggarai ini dapat meningkatkan okupansi dari KA Bandara ini dan bisa memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat,” ujar Menhub saat meninjau langsung Soft Launching Pengoperasian KA Bandara di Stasiun Manggarai, Sabtu (5/10/2019).

Dengan beroperasinya KA Bandara dari Stasiun Manggarai ini Menhub mengharapkan tingkat keterisian penumpang bisa naik mencapai 60 persen dikarenakan di Stasiun Manggarai ini banyak feedernya dibanding Stasiun BNI City.

“Kita akan intensifkan di Stasiun Manggarai ini karena merupakan stasiun sentral, baik kereta jarak jauh maupun KRL Commuter Line berhenti di Stasiun Manggarai. Jadi bagi masyarakat dari Bogor, Bekasi dan Depok jika ingin ke Bandara Soekarno-Hatta dapat melalui KRL menuju Stasiun Manggarai kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan KA Bandara menuju Bandara Soekarno-Hatta,” jelas Menhub.

Beroperasinya KA Bandara dari Stasiun Manggarai ini, Menhub mengatakan akan semakin banyak pilihan moda untuk menuju Bandara Soekarno-Hatta baik dari segi moda transportasinya maupun lokasinya.

“Masyarakat jadi banyak pilihan baik moda, lokasi maupun waktu keberangkatan menuju bandara Soekarno-Hatta, perjalanan dari Stasiun Manggarai dalam satu hari melayani 34 perjalanan dimulai dari jam 05.10 WIB. Dari jumlah perjalanan tersebut masyarakat jadi fleksibel dalam waktu keberangkatan menuju Bandara Soekarno-Hatta,” imbuh Menhub.

Jadwal keberangkatan KA Bandara tersedia setiap 30 menit sekali. Dengan jadwal operasional dari Manggarai menuju Soetta, kereta pertama pukul 05.10 WIB dan kereta terakhir pukul 21.40 WIB. Sementara dari Soetta menuju menuju Manggarai, kereta pertama pukul 06.20 WIB dan kereta terakhir pukul 23.20 WIB.

Sekedar informasi, saat ini hingga 31 Oktober PT. Railink memberikan harga promo sebesar Rp. 40.000 untuk layanan KA Bandara dari stasiun Manggarai dengan waktu tempuh 57 menit. Ada pula promo tiket yang bisa didapatkan secara gratis untuk 100 penumpang pertama.

Dengan soft launching ini, maka kereta bandara melayani lima stasiun yaitu mulai Stasiun Manggarai, BNI City, Duri, Batu Ceper, dan Bandara Soekarno Hatta.

Turut hadir dalam acara soft launching pengoperasian KA Bandara Soekarno Hatta dari Stasiun Manggarai, Dirjen Perkeretaapian Zulfikri, jajaran PT Railink, PT KAI dan Adhi Karya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.