Jika Terpilih, Dito Siap Libatkan Disabilitas

Yovie Wicaksono - 8 October 2020
Calon Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono bertemu perwakilan Gerkatin) Kabupaten Kediri, Rabu (7/10/2020). Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Calon Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono bertemu dengan puluhan penyandang disabilitas yang mewakili DPC Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (Gerkatin) Kabupaten Kediri, Rabu (7/10/2020).

Dalam pertemuan tersebut, pria yang akrab disapa Dito ini merasa kagum melihat keuletan dan keterampilan yang dimiliki para anggota Gerkatin.

“Ini hari yang sangat luar biasa, tadi begitu masuk bagaimana teman-teman dari Gerkatin ini punya produk-produk UMKM. Lalu ada yang bisa merias dan ada juga yang bisa potong rambut,” ujar pria berusia 28 tahun ini.

Melihat hal tersebut, Dito mengatakan, jika dirinya diberikan amanah untuk menjadi Bupati Kediri, ia ingin melibatkan anggota Gerkatin dalam setiap kegiatan di Pemerintah Kabupaten Kediri.

Dito mengungkapkan alasan mengajak mereka karena Gerkatin dinilai mempunyai produk UMKM yang berpotensi memiliki daya jual cukup tinggi.

“Jadi nanti dari pihak Pemerintah Kabupaten, akan memaksimalkan UMKM dan keahlian dari teman-teman Gerkatin,” ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut, Dito memberikan kesempatan kepada perwakilan Gerkatin untuk bertanya langsung kepada dirinya perihal keinginan dan harapan mendatang.

Sedikitnya ada tiga hal yang telah diajukan,  salah satunya mereka menginginkan adanya keterwakilan dari penyandang disabilitas masuk dalam birokrasi pemerintahan minimal dua persen.

“Nanti ini mungkin kita siasati bersama, bagaimana nanti untuk pihak Pemkab juga mempelajari bahasa isyarat supaya bisa berkomunikasi dengan teman-teman Gerkatin dalam hal ini,”  katanya. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.