Hari Kelima Pasca Erupsi Semeru, Kepala Baguna Jatim Imbau Perkuat Gotong Royong

Yovie Wicaksono - 9 December 2021

SR, Lumajang – Erupsi Gunung Semeru yang menimpa Lumajang pada Sabtu (4/12/2021) membuat seluruh lini tergerak, menyatukan semangat membantu para pengungsi menghadapi hal tersebut. Salah satunya dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan Jawa Timur (Jatim). 

Di hari kelima ini, Baguna Jatim terus menyalurkan bantuan berupa ratusan bahan makanan, minyak kayu putih, popok bayi, dan sebagainya yang dikirimkan secara gotong royong oleh tiap daerah, diantaranya Surabaya, Madiun, dan Banyuwangi. 

Kepala Baguna Jatim, Agus Wicaksono mengatakan, hingga kini sekira 24 personel Baguna tengah terjun langsung membantu di 20 titik pengungsian serta posko kesehatan. Berdasarkan info terbaru, pihaknya mendata beberapa keperluan mendesak yang dibutuhkan oleh para pengungsi, yakni matras tempat tidur, selimut, dan pakaian dalam.

“Untuk personelnya itu 24, jadi ada 2 titik posko kesehatan. Yang satunya itu di Desa Jarit  karena jumlah pengungsi yang banyak di Pasirian tapi yang satunya jemput bola karena ada pengungsi tapi tidak di balai desa, ditampung di rumah penduduk yang mungkin mereka masih saudara, kita jemput bola kesana,” ucap Agus Wicaksono di lokasi pengungsian, Kamis (9/12/2021).

“Kami membagi tugas karena pengungsian semakin banyak, hampir 20 titik yang tersebar. Seluruh kawan-kawan cabang Kabupaten Lumajang, DPC, fraksi dan struktur partai itu bergotong royong kita tempatkan di setiap pengungsian agar memberikan update info dan jumlah pengungsi, dan  kebutuhan yang saat ini sedang mereka butuhkan,” imbuhnya.

Dari kegiatan ini, lanjutnya, ia menekankan semangat gotong royong yang harus selalu ada pada segenap pengurus cabang. Terutama pada pengurus Kabupaten Lumajang sampai tingkat Anak Ranting, PAC, dan DPC.

“Artinya saat ini kalau punya telur 2 ya sumbangkan, hari ini punya indomie 2 berikan. Kalau ingin gotong royong karena jumlah pengurus Lumajang itu 14 ribu, kalau punya telur 1 saja disumbangkan, maka kita punya hampir 30.000 telur. Bantuan itu bisa dikumpulkan di kantor cabang, DPC PDI Perjuangan Lumajang,” kata pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Kebencanaan DPD PDI Perjuangan Jatim ini.

Agus Wicaksono berharap, kegiatan ini dapat meringankan beban warga Lumajang yang saat ini tengah berjuang menghadapi bencana erupsi, serta menjadi bentuk nyata dari ungkapan menangis dan tertawa bersama rakyat yang selama ini ditanamkan dalam partai.

“Meskipun sulit tapi ini harus dihadapi, dan tentu saja PDI Perjuangan harus bersama-sama karena mereka rumahnya habis, tanah pertanian hancur, hewan ternak habis, tidak punya apa-apa sama sekali. Disitulah perintah Ketua Umum Megawati sebagai ketua partai untuk wajib turun ke masyarakat, menangis dan tertawa bersama rakyat,” ungkapnya. (hk/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.