Hadi Tjahjanto: MUI Berpengaruh Jaga Keharmonisan Masyarakat

Yovie Wicaksono - 5 March 2024

SR, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto bersilaturahmi ke kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) di kawasan Menteng, Jakarta Pusat untuk membahas mengenai peran MUI yang dianggap berpengaruh dalam menjaga keharmonisan masyarakat, khususnya pasca pemilihan Presiden, Wakil Presiden, dan Legislatif, 14 Februari lalu.

“Hari ini pertemuan sangat hangat sekali dengan MUI. Kenapa saya harus datang ke MUI? Karena Majelis Ulama Indonesia ini organisasi besar, di dalamnya ada 87 organisasi masyarakat yang bernafaskan Islam sehingga pengaruhnya ke masyarakat untuk menjaga keharmonisan di masyarakat itu sangat kuat sekali,” kata Menko Polhukam Hadi, Selasa (5/3/2024).

Kaitannya dengan pasca pemilu, Pileg dan Pilpres, yang kondisinya saat ini masih terus kondusif, menurut Menko Polhukam Hadi, ini juga berkat kontribusi para Kyai yang ada di MUI.

“Saya tadi bicara mudah-mudahan bisa terjaga sampai dengan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, dan dunia akan melihat, akan menilai bahwa pesta demokrasi di negara Republik Indonesia ini berjalan dengan aman dan lancar,” kata Menko Polhukam Hadi.

“Ini sebuah harga diri bangsa. Itulah sebabnya kami mengajak MUI juga terus menjaga kondisi yang saat ini terjadi yaitu aman, tentram, dan damai,” sambungnya.

Menurut mantan Panglima TNI ini, pantauan dari Kemenko Polhukam kondisi pasca pemilu sangat aman. Disampaikan bahwa pemerintah juga akan menunggu pengumuman hasil penghitungan suara pada 20 Maret mendatang.

“Apabila ada permasalahan sengketa Pemilu disalurkan melalui Bawaslu dan MK, ini adalah secara hukum. Semuanya kita pandang secara hukum, dan kondisi sampai saat ini aman,” katanya.

Terkait dengan banyak demonstrasi yang menolak hasil Pemilu, menurut Menko Polhukam Hadi, itu merupakan riak-riak kecil. “Kalau di masyarakat, saya turun di lapangan, di masyarakat juga damai, mencari nafkah juga tenang, tidak mempermasalahkan lagi masalah-masalah ini. Aman semua,” katanya.

Sebelumnya, Menko Polhukam Hadi juga melakukan kunjungan ke PBNU, PGI, KWI, dan PP Muhammadiyah. Kunjungan ini untuk mengajak seluruh tokoh agama menjaga situasi yang aman dan kondusif pasca pencoblosan.

Sekadar informasi, turut hadir dalam pertemuan tersebut para Wakil Ketua Umum MUI yaitu Anwar Abbas, Marsudi Syuhud, dan Basri Bermanda. Kemudian, Deputi Bidang Koordinasi Dalam Negeri Kemenko Polhukam Mayjen TNI Heri Wiranto dan Deputi Bidang Koordinasi Kesatuan Bangsa Kemenko Polhukam Djanedri M. Gaffar. (ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.