Gubernur dan DPRD Jatim Siap Jalankan Pesan Presiden

Yovie Wicaksono - 15 August 2020
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama Ketua DPRD Jawa Timur, Kusnadi. Foto : (JNR)

SR, Surabaya – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur, Kusnadi menyatakan seluruh elemen di wilayah setempat siap bahu membahu untuk melakukan lompatan guna mengatasi krisis kesehatan dan krisis ekonomi.

Hal itu sebagaimana pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pidato kenegaraan pada sidang istimewa DPR RI yang juga diikuti oleh DPRD Jatim serta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jatim, Jumat (14/8/2020). 

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, pesan dari Presiden Jokowi, Ketua DPR RI dan juga Ketua MPR RI mengatakan bahwa upaya untuk mengatasi dua krisis ini yaitu dengan melakukan lompatan out of the box. 

“Maka kalau ada krisis ekonomi, krisis kesehatan, bagaimana kita kemudian mengambil pembelajaran untuk berpikir inovatif dan kreatif melakukan berbagai lompatan,” ujarnya Khofifah. 

Menirukan pesan Presiden, Khofifah menuturkan, apabila selama ini dilakukan dengan cara ordinary (biasa), maka saat ini harus diubah menjadi ekstra ordinary (luar biasa). Dicontohkannya, apabila saat ini sudah merasa berlari, tapi orang lain melompat. 

“Kalau sudah merasa melompat, orang lain sudah menggunakan artificial intelligence, maka kita juga sudah harus masuk pada era artificial intelligence. Kira-kira begitu,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Jatim Kusnadi menegaskan, pihaknya bersama dengan pemerintah daerah akan berupaya melaksanakan pesan dari Presiden Jokowi, yakni harus bisa mengatasi krisis kesehatan dan krisis ekonomi.

“Jadi, apapun yang menjadi rencana kerja dalam rangka untuk pertama menangani Covid-19, dan kemudian juga memperbaiki kondisi ekonomi kita yang saat ini juga sedang dalam kondisi prihatin,” katanya.

Maka, DPRD Jatim, kata Kusnadi, sepenuhnya akan mendukung apa yang dikerjakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur khususnya oleh Gubernur Khofifah dan Wakil Gubernur Emil Dardak.

“Sehingga apa yang dikatakan oleh Presiden tadi dalam pidato kenegaraannya, kita melakukan lompatan-lompatan, kita harus berlari cepat, dalam rangka menuju apa yang menjadi cita-cita Bangsa Indonesia itu, bisa kita lakukan secara perlahan,” pungkasnya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.