GKI Kediri Beri Bantuan Pemasangan WiFi Gratis untuk Belajar Daring

Yovie Wicaksono - 19 September 2020
GKI Kediri Beri Bantuan Pemasangan Wifi Gratis untuk Belajar Daring. Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Berawal dari mendengar keluh kesah para ibu rumah tangga yang merasa terbebani karena terpaksa harus  membeli paket data untuk keperluan belajar daring putra putrinya, warga lingkungan Kelurahan Pakelan, Kecamatan Kediri, Kota Kediri, mendapatkan bantuan pemasangan WiFi Gratis di empat titik dari Gereja Kristen Indonesia (GKI).

“Pada saat pandemi pendapatan orang tua menurun dan kuota (paket data) saat ini menjadi kebutuhan primer sekarang,” ujar perwakilan GKI Kediri, Mario Gunawan, Jumat (18/9/2020).

Bantuan tersebut diharapkan mampu meringankan beban para orang tua yang sebelumnya harus membeli paket data untuk keperluan anaknya.

“Dari penyedia layanan, satu server itu 75 Mbps, jadi kita buka empat titik. Satu titik maksimal 10 sampai 15 perangkat,” ujar Mario Gunawan.

Akses jaringan WiFi ini mulai dioperasionalkan sesuai jam belajar di sekolah, yakni mulai 07.00 – 13.00 WIB. Diluar jam tersebut akses internet gratis dimatikan.

Akses internet gratis masuk kampung yang diperuntukan bagi para pelajar ini mendapat respon positif dari Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak Kota Kediri.

Kabid Dinas Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Kediri, Mutakalim menilai, bantuan ini dapat meringankan beban ekonomi para orang tua.

Disamping itu para pelajar yang ada di kampung ini merasa terbantu. Namun dalam pelaksanaannya ia menyarankan alangkah lebih baik, jika para pelajar ini hendaknya mendapatkan pendampingan dari Karang Taruna  saat menggunakan akses internet. Pendampingan dirasa perlu, agar para pelajar ini dapat memanfaatkan teknologi secara bijak dan benar.

“Kondisi sekarang ini, dengan adanya bantuan tentunya sangat membantu anak-anak dan orang tua. Membantu ekonomi orang tua, harapan saya anak-anak itu ada yang mengelolah (mendampingi) tidak belajar sendiri di rumah. Tentunya kami berharap ada kepedulian dari warga, terutama anak SMA nanti bisa membantu belajar anak SMP, anak SMP bisa mengajarkan ke anak SD dan seterusnya,” ujarnya.

Sementara itu, pihak kelurahan berharap nantinya pemanfaatan jaringan WiFi gratis ini peruntukannya digunakan khusus untuk para pelajar. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.