Gelar Webinar, BKN Jatim Angkat Tema Seni dan Tradisi di Bulan Ramadan

Yovie Wicaksono - 8 April 2021

SR, Surabaya – Badan Kebudayaan Nasional (BKN) PDI Perjuangan Jawa Timur akan menggelar webinar dengan tema “Seni dan Tradisi Masyarakat Jawa Timur di bulan Ramadan”, pada Jumat (9/4/2021).

Webinar yang menghadirkan Ketua Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) PBNU, KH Agus Sunyoto dan Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Sri Untari Bisowarno sebagai narasumber ini akan memberikan pemahaman masyarakat tentang sejarah budaya Islam dan Islam yang berbasis budaya di Indonesia serta perbedaan tentang ajaran agama dan budaya masyarakat Jawa Timur di bulan Ramadan.

Kepala BKN PDI Perjuangan Jawa Timur, Ony Setiawan mengatakan, webinar ini memang dikhususkan bagi masyarakat Jawa Timur.

“Intinya, kami ingin memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang seni dan tradisi dalam sudut pandang Islam di Nusantara,” ujarnya, Kamis (8/4/2021).

Harapannya setelah webinar ini, minimal mereka yang mengikuti bisa menjadi lebih tau tentang Islam yang menyatu dan menerima kebudayaan di Nusantara tanpa mengubah syariat yang ada.

Sementara itu, koordinator acara Aliyudin mengatakan, ada tiga kriteria peserta yang ikut dalam webinar ini. Yakni, pengurus BKN se-Jawa Timur, kader dan simpatisan partai serta masyarakat umum.

Menurut rencana, webinar ini akan digelar mulai 19.00 hingga 21.00 WIB. “Kami mengajak seluruh komponen untuk ikut mensukseskan webinar ini,” kata Ali.

Sekadar informasi, BKN PDI Perjuangan memiliki tugas dalam “merawat” kebudayaan Indonesia. Dibawah koordinasi Departemen Kebudayaaan DPP PDI Perjuangan Tri Rismaharini, BKN ingin menegaskan kembali apa yang disampaikan Bung Karno dalam Trisakti nya, yakni berkepribadian di bidang kebudayaan. (ng/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.