DPR Dukung Penguatan Kerja Sama Indonesia – Maroko

Yovie Wicaksono - 29 October 2019
Ketua DPR RI Puan Maharani bersama Menteri Luar Negeri Maroko, Nasser Bourita di Gedung Nusantara 3, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (28/10/2019). Foto : (Istimewa)

SR, Jakarta – Ketua DPR RI Puan Maharani menerima kunjungan Menteri Luar Negeri (Menlu) Maroko, Nasser Bourita di Gedung Nusantara 3, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (28/10/2019).

Puan mengatakan, hubungan persahabatan kedua Negara sudah terjalin sejak 1960. Kala itu, Presiden pertama Republik Indonesia (RI) Bung Karno sering berkunjung ke Maroko dan bersahabat baik dengan Raja Kerajaan Maroko, Mohammed V.

“Hubungan itu tentu saja akan terus kita tingkatkan dari tahun ke tahun,” kata Puan.

Hubungan Indonesia-Maroko yang bernilai sejarah tersebut, menurutnya harus ditransformasikan menjadi hubungan yang bermanfaat bagi rakyat kedua negara.

“Saya berharap hubungan ekonomi khususnya perdagangan dapat terus diperkuat. Untuk itu, saya dorong kedua negara dapat memperluas akses pasar bagi produk unggulan masing-masing melalui Preferential Trade Agreement atau PTA,” ujarnya.

Puan juga meminta pemerintah Maroko menyambut terbuka rencana beberapa BUMN melakukan pengembangan usaha bidang infrastruktur, transportasi dan perumahan di Maroko.

Selain itu, sebagai dua negara muslim, Puan mendorong Indonesia dan Maroko dapat bekerja sama dalam menyebarkan Islam yang damai dan toleran. Serta dapat berperan dalam membantu penyelesaian konflik yang terjadi antar negara-negara Muslim melalui dialog dan cara-cara damai.

“Salah satunya dan terpenting adalah dukungan bagi perjuangan rakyat Palestina untuk meraih kemerdekaan,” ujar Puan. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.