Dito Kunjungi Kampung Jamu Tradisional

Yovie Wicaksono - 14 October 2020
Calon Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono saat melihat proses pembuatan jamu tradisional di Kampung Jamu Tradisional, Desa Ringinsari, Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri, Rabu (14/10/2020). Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Calon Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono mengunjungi Kampung Jamu Tradisional di Desa Ringinsari, Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri, Rabu (14/10/2020).

Dalam kunjungannya itu, pemuda berusia 28  tahun yang akrab disapa mas Dito ini, mendapat sambutan dari puluhan ibu yang berprofesi sebagai penjual jamu tradisional.

Setelah sempat melihat secara langsung proses pembuatan jamu tradisional disalah satu rumah warga, Dito kemudian mengajak berdiskusi perwakilan dari pedagang jamu keliling.

Dalam perbincangan itu, Dito mendengar keluh kesah para pedagang, terkait kendala prasarana yang dimiliki.

“Bakul jamu disini kurang lebih ada sekitar 200-250, mereka berjualan seminggu 2 sampai 3 kali. Keuntungan mereka antara 50-70 ribu. Kendala mereka hari ini ada pada alat penggilingan dan gerobaknya,” ujar Dito.

Dalam pertemuan tersebut, para penjual jamu meminta bantuan pembuatan gerobak yang terbuat dari stainless beserta alat penggilingan. Sebab selama ini, diketahui jika gerobak yang dipergunakan untuk berjualan ternyata berbahan kayu serta alat penggilingan yang dipakai meracik jamu jumlahnya terbatas sehingga harus bergiliran pada pagi hari saat proses pembuatan jamu.

“Jadi tadi permintaanya minta dibantu untuk kaitannya dengan gerobak supaya dari stainless dan ada alat penggilingan, karena mereka harus bergantian untuk meracik jamunya di pagi hari,” ujarnya.

Sekedar informasi, selain menemui pedagang jamu tradisional, dalam agenda kampanyenya kali ini, Dito juga blusukan ke UMKM kerajinan kuda lumping di Desa Karangrejo, Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri, serta menggelar pertemuan bersama koordinator desa di Desa Ngletih. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.