Cuaca Hangat Menjurus Panas Sepanjang Hari di Surabaya Satelit

Yovie Wicaksono - 29 April 2024
ilustrasi

SR, Surabaya – Memasuki musim kemarau wilayah Surabaya dan kota satelit yang mengitarinya yakni Gresik, Sidoarjo, Bangkalan, Mojokerto dan Lamongan kondisi cuaca, akan terasa hangat yang menjurus panas, sepanjang hari ini, Senin (29/4/2024).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan suhu udara untuk kota satelit Surabaya antara 27-33 derajad celcius, kecuali kota Mojokerto yang suhunya berkisar pada 25-32 derajad celcius. Bisa dipahami di kota/kabupaten Mojokerto memiliki daerah dataran tinggi dan pegunungan.

Kendati suhu cukup panas, namun kecepatan angin di siang hingga sore hari lumayan kencang 20 km/jam dan kelembapan udara antara 70-90 prosen, sehingga bisa sedikit mengusir kegerahan dalam melakukan aktivitas di luar rumah.

Kondisi cuaca di atas kota satelit Surabaya rata rata cerah berawan, kecuali kota Mojokerto yang pada sore hari sekitar 16.00 WIB diperkirakan berawan, lebih teduh dibandingkan kota satelit Surabaya lainnya.

BMKG juga menyebutkan bahwa awal musim kemarau 2024 di Jatim tidak bersamaan. Diperkirakan sebanyak 64,9 prosen wilayah Jawa Timur akan segera memasuki awal musim kemarau di Bulan Mei Tahun 2024. Namun sebagian wilayah di Jatim musim kemaraunya mundur dari normalnya.

Penting untuk dicatat bahwa prakiraan cuaca dapat berubah, oleh karena itu, disarankan untuk selalu memantau pembaruan informasi cuaca dari sumber yang terpercaya.

Dengan mengetahui prakiraan cuaca ini, masyarakat dapat lebih siap menghadapi kondisi cuaca yang mungkin terjadi pada periode tersebut. (*/red)

Tags: , , , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.