Cara Mengurai Rambut Kusut Agar Tak Mudah Rusak

Yovie Wicaksono - 24 June 2023
Ilustrasi.

SR, Jakarta – Rambut kusut bisa menjadi gangguan besar, menyisir paksa simpul rambut yang kusut hanya akan menimbulkan kerusakan pada rambut seperti patah, rapuh, dan ujung bercabang serta kerusakan serius di kepala Anda. 

Ada banyak faktor yang menyebabkan rambut kusut. Selain panjang, rambut kering dan bercabang juga bisa menjadi penyebabnya. Jika rambut Anda tidak memiliki kelembaban yang cukup, dan gesekan handuk setelah mandi juga merupakan penyebab kekusutan. 

Melansir Makeup.com, seorang stylist Gina Rivera menyarankan untuk menerapkan kondisioner setelah keramas dapat mengurai rambut karena melapisi rambut, dan memungkinkan sisir atau sikat untuk melewatinya dengan lebih mudah. 

Gunakan kondisioner yang sesuai dengan kebutuhan dan masalah rambut Anda. Untuk rambut bertekstur kasar dan keriting, dia merekomendasikan penggunaan kondisioner tanpa bilas untuk menghilangkan simpul. Namun hindari pemakaian terlalu banyak pada rambut, untuk menghindari rambut tampak berat atau berminyak.

Selanjutnya, Rivera menyarankan untuk menggunakan sisir yang tepat. Saat menghilangkan kusut, Rivera merekomendasikan agar mereka yang berambut keriting menggunakan sikat dayung atau paddle brush.

Untuk jenis rambut yang lebih halus, dia lebih memilih sisir bergigi lebar. Berkat jarak gigi pada sisir, dapat bergerak melalui rambut tanpa terlalu menekan helaian rambut yang halus. 

Cara lainnya adalah uraikan yang kusut mulai dari ujung rambut dan kerjakan ke arah kulit kepala dengan sikat atau sisir Anda, jelas Rivera. Sisir ke bawah melalui simpul dengan sapuan kecil saat Anda bergerak ke arah akar dan ingatlah untuk bersikap lembut dengan rambut Anda. 

Memaksakan menyisir melalui simpul yang membandel dapat menyebabkan rasa sakit, patah, rapuh, dan ujung bercabang, oleh karena itu penting untuk menjaga agar sapuan Anda tetap lembut.

Menurut Rivera, cara terbaik untuk mengurai rambut adalah dengan mencegahnya. Karena kekeringan dapat menyebabkan rambut lebih mudah kusut, menjaga agar rambut tetap terhidrasi adalah tindakan pencegahan yang baik untuk dilakukan. 

Jika Anda memiliki rambut kering, cari sampo dan kondisioner dengan bahan pelembab, seperti asam hialuronat. Sering-sering memangkas rambut untuk menghilangkan rambut bercabang juga dapat membantu meminimalkan kusut. 

Jika perlu, gunakan juga sarung bantal berbahan sutra atau satin dan menggunakan handuk berserat mikro untuk mengeringkan rambut. (*ant/red)

Tags: , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.