Buka Pameran Lukisan ‘Pancasila dan Bung Karno’, Armuji Ingatkan Jasmerah

Yovie Wicaksono - 21 June 2021
Buka Pameran Lukisan 'Pancasila dan Bung Karno', Armuji Ingatkan Jasmerah. Foto : (Istimewa)

SR, Surabaya – Wakil Wali Kota Surabaya, Armuji membuka langsung pameran lukisan dalam rangka Peringatan Bulan Bung Karno yang digelar oleh Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, Graha Wiyata, Senin (21/6/2021) pagi.

Pameran yang digelar sampai 5 hari kedepan ini mengusung tema Pancasila dan Bung Karno dengan melibatkan sebanyak 30 pelukis yang berasal dari berbagai daerah, mulai dari Surabaya, Gresik, Lamongan, hingga Jakarta.

Usai melihat pameran tersebut, Armuji berpesan agar jangan sekali kali meninggalkan sejarah atau biasa disingkat sebagai Jasmerah.

“Ini adalah suatu spirit bulan Juni, Bulan Bung Karno. Kampus Untag adalah kampus nasionalis yang tentunya sekarang ini mengadakan pameran lukisan. Sehingga, itu menunjukkan anak-anak muda peduli dan tahu tentang sejarah,” ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut Armuji, dengan adanya kampus yang memberikan suatu motivasi melalui pameran seperti ini, ia mengapresiasi karena mahasiswa baru bisa berkreatif dengan mengeluarkan berbagai karya.

Sementara itu, Rektor Untag, Mulyanto Nugroho menambahkan, bukan hanya sekali saja pihaknya memperingati Bulan Bung Karno, namun banyak event yang digelar merupakan bentuk penghormatan kepada Bapak Proklamator.

“Untuk memperingatinya, kami merasa bangga bahwa Bung Karno merupakan ide pendiri Kota Surabaya dan sudah selayaknya diapresiasi. Dalam masa pandemi ini sudah tiga kali untuk memperingati agenda Bulan Bung Karno,” katanya.

Salah satu peserta, Budibi, sebagai seniman berharap, dengan karya seni ini  bisa membuat rasa bersatu dan menjunjung tinggi kebhinekaan. Serta, bisa diterapkan sebagai rasa mempersatukan budaya.

“Tema Pancasila dan Bung Karno semoga pengunjung mengingat jasa para pahlawan. Bung Karno sosok penuh inspirasi yang patut dibanggakan,” pungkasnya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.