Budidaya Udang Vaname di Tambak Program Ketahanan Pangan Koarmada II

Yovie Wicaksono - 19 July 2020
Ilustrasi Udang Vaname. Foto : (KKP)

SR, Surabaya – Udang varietas Vaname yang sedang menjadi primadona di sektor perikanan, saat ini juga dibudidayakan di lahan ketahanan pangan Komando Armada (Koarmada) II di wilayah Semampir Baru. Di lahan tambak seluas kurang lebih 3.000 meter persegi ini, tiap minggu dilaksanakan pengecekan dan perawatan udang Vaname oleh personel Dinas Pembinaan Potensi Maritim TNI AL (Dispotmar).

Kepala Departemen Operasi Pemeliharaan BKO Dispotmar, Mayor Laut (E) Yuli Wibowo, mengatakan, pemberian pakan disesuaikan dengan perkembangan budidaya udang Vaname. 

“Pemberian pakan ini sebanyak 2 sampai 3 kali sehari. Semakin besar ukuran udang di dalam kolam, semakin banyak pakan yang harus diberikan. Frekuensi pemberian pakan maksimal 6 kali sehari,” terang Mayor Yuli Wibowo, Minggu (19/7/2020).

“Banyak kelebihan yang dimiliki udang Vaname. Seperti daging yang empuk dan enak, proses budidaya yang relatif cepat, sehingga sangat cocok juga sebagai ketahanan pangan di masa Pandemi saat ini,” imbuh Yuli.

Ia juga menambahkan, budidaya udang Vaname ini berdasarkan imbauan Panglima Komando Armada II, Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto kepada seluruh satuan di jajaran Komando Armada II agar aktif dan inovatif dalam mengelola aneka jenis perkebunan dan perikanan di lahan ketahanan pangan masing-masing sebagai langkah antisipasi kelangkaan bahan pangan akibat pandemi Covid-19. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.