BPCB Trowulan Temukan Situs Purbakala Berbentuk Gapura Pintu Candi di Kota Kediri

Yovie Wicaksono - 26 August 2022

SR, Kediri – Setelah melakukan proses ekskavasi selama 11 hari, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan menemukan situs purbakala berbentuk gapura pintu candi di area kawasan Gunung Klotok, Kota Kediri. Gapura pintu candi ini ditemukan di bawah tanah permukaan Gunung.

“Melanjutkan dengan titik lain, dan di sana menemukan gapura pintu candi. Situs yang ada di Gunung Klotok merupakan situs besar. Seperti yang ada di situs Gunung Penanggungan,” kata Kasi Sejarah dan Kepurbakalaan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Endah Setyowati.

Ia mengatakan, dengan ditemukannya situs gapura pintu candi akan menambah khasanah wisata budaya Kota Kediri. 

Lebih lanjut, ia memperkirakan gapura pintu candi itu di bangun pada era kejayaan Kerajaan Kadiri. “Disana dulunya berupa tempat pemujaan atau berguru.  Istilahnya religinya orang dulu. Ada keterkaitan dengan Candi Klotok yang diatas. Itu merupakan rangkaian ada saling keterkaitan antara gapura pintu candi  1, 2, 3, petirtan dan bale-bale yang ditemukan kemarin,” ungkapnya. 

Sebagai upaya antisipasi melindungi situs agar tidak mengalami kerusakan, Endah Setyowati berencana untuk memasang garis pembatas menggunakan kawat berduri di lokasi. 

“Karena itu nanti ada kajian lebih lanjut dari BPCB Trowulan,” tambahnya. 

Adapun anggaran yang dipergunakan untuk proses ekskavasi menggunakan dana sharing antara Pemerintah Daerah dan BPCB Trowulan Mojokerto.

“Kita sudah melakukan ekskavasi kesekian kalinya. Karena kita anggaran sharing antara Pemerintah Kota Kediri dengan anggaran BPCB Trowulan,” bebernya. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.