BMKG Ingatkan Ancaman Banjir Rob Siang Hari di Wilayah Surabaya Raya

Rudy Hartono - 8 May 2024
Ilustrasi Banjir rob akibat pasang naik air laut menggenangi jalan .

SR, Surabaya – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda mengeluarkan peringatan terhadap potensi Banjir Rob yang dapat terjadi Surabaya Raya meliputi Surabaya, Gresik, dan Lamongan serta sejumlah titik di pesisir JawaTimur lainnya, Rabu (8/5/2024).

Dijelaskan BMKG Tanjung Perak bawah Banjir Rob dapat timbulkan genangan yang bisa mengganggu transportasi di sekitar Pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam, dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat di Pelabuhan. “Banjir rob kami prediksi terjadi pada tanggal 7-12 Mei 2024,” duga BMKG Tanjung Perak.

Adapun wilayah pesisir yang potensi terdampak Banjir Rob di antaranya:

  • Pelabuhan Tanjung Perak diperkirakan pasang maksimum mencapai 130-140 cm pada pukul 10.00-12.00 WIB
  • Surabaya Barat (juga termasuk Gresik, Lamongan, dan Tuban) diperkirakan pasang maksimum mencapai 130-140 cm pada pukul 09.00-11.00 WIB
  • Surabaya Timur (juga termasuk Pasuruan, Sidoarjo, Probolinggo, Kenjeran, dan Madura) diperkirakan pasang maksimum mencapai 120-130 cm pada pukul 10.00-12.00 WIB
  • Kalianget (juga termasuk Pamekasan) diperkirakan pasang maksimum mencapai 110-120 cm pada pukul 10.00-12.00 WIB

Sementara itu BMKG Juanda merilis data prakiraan cuaca Surabaya raya (Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo) cerah pada pukul 07.00 – 16.00 hingga cerah berawan pada sore hingga malam hari.  Suhu udara berkisar 25-35 derajad terasa panas terik di luar ruangan dan gerah di dalam ruangan.

Kendati intensitas sinar matahari tinggi pada pukul 09.00 – 14.00, namun kecepatan angin 40 Km/jam cukup kencang, sehingga suhu udara panas di luar ruangan sedikit dihambat. Karenanya aktivitas masyarakat  di luar ruangan bisa dilangsungkan seperti biasa. Hanya saja BMKG menyarankan untuk mengenakan tabir surya sebagai pelindung tubuh dan kulit dari panas matahari.

Kendati secara umum daerah di Jawa Timur cerah atau berawan, namun tidak menutup peluang adanya hujan lokal di Kota/Kabupaten Malang, Kota Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Bangkalan, dan Kabupaten Sampang.

Penting untuk dicatat bahwa prakiraan cuaca dapat berubah, oleh karena itu, disarankan untuk selalu memantau pembaruan informasi cuaca dari sumber yang terpercaya. Dengan mengetahui prakiraan cuaca ini, masyarakat dapat lebih siap menghadapi kondisi cuaca yang mungkin terjadi pada periode tertentu. (*/red)

Tags: , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.