Berkah Tradisi Kupatan

Yovie Wicaksono - 9 May 2022
Rochman, pedagang ketupat matang di Pasar Betro, Sedati, Sidoarjo. Foto : (Super Radio/Fena Olyvira)

SR, Sidoarjo – Momen Lebaran ketupat menjadi berkah tersendiri bagi pedagang janur, selongsong (anyaman berbentuk persegi yang terbuat dari janur) ketupat, hingga ketupat yang sudah matang.

Seperti Rochman (36), pedagang ketupat matang di Pasar Betro, Sedati, Sidoarjo, yang melayani banyak pembeli.

Pria kelahiran Sidoarjo ini berjualan mulai Sabtu (30/4/2022) hingga Minggu (8/5/2022), pukul 04.00 – 09.00 WIB dan 15.00 – 20.00 WIB.

Sejak tujuh tahun lalu, Rochman menjadi pedagang ketupat musiman di Pasar Betro melanjutkan dagangan sang ibu.

Dalam sehari, ia dan istri memproduksi 200 ketupat matang, 200 lepet, dan 100 lontong yang kemudian dijual dengan harga bervariasi. Mulai Rp 15 ribu untuk satu ikat lepet atau ketupat, dan Rp 2.000 untuk satu buah lontong.

“Alhamdulillah tiap harinya habis. Itu belum termasuk untuk yang pesanan. Paling ramai jualan di Pasar Betro ini ya saat malam takbir Idulfitri,” ujar pria yang sehari-hari bekerja dibidang interior ini.

Purwanto, salah satu pedagang selongsong ketupat dan janur di Pasar Wedoro Sidoarjo. Foto : (Super Radio/Hamidiah Kurnia)

Purwanto, salah satu pedagang selongsong ketupat dan janur di Pasar Wedoro Sidoarjo juga mengatakan hal yang sama seperti Rochman.

“Alhamdulillah selama lebaran ini lumayan rame, sehari bisa dapat lima ratus ribu,” kata pedagang asal Sukodono ini.

Dalam satu hari, ia bisa menjual hingga 20 ikat selongsong ketupat dan janur.

“Selongsong ketupat itu Rp 15 ribu seiket, kalau janur ini Rp 13 ribu, isinya 10 biji. Orang lebih banyak yang beli selongsong ketupatnya,” ujarnya.

Ia mengatakan, pasokan janur didapatkannya dari Lumajang dan Malang untuk dijual di pasar. “Selongsong ketupatnya dibuat di rumah, nanti berangkat jam 5 sampai siang jualan di pasar,” terangnya. (hk/fos/red)

Tags: , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.