Begini Tahap Vaksinasi Covid-19 di Kota Kediri

Yovie Wicaksono - 8 January 2021
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Kediri, dr. Fauzan Adima. Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Satgas Penanganan Covid-19 Kota Kediri menyatakan kesiapannya untuk segera mendistribusikan vaksin Sinovac. 

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Kediri, dr. Fauzan Adima mengatakan, pendistribusian vaksin tersebut nantinya terbagi dalam beberapa  tahapan. Dimana tahap pertama mulai dilakukan pada Januari hingga April 2021.

“Sesuai arahan Kemenkes untuk tahap awal, diprioritaskan  terlebih dahulu khusus Nakes (tenaga kesehatan, red) dan penunjang Nakes, yakni mereka yang bekerja di sebuah fasilitas pelayanan  kesehatan rumah sakit, klinik dan puskesmas,” ujarnya, Kamis (7/1/2021).

Jumlah Nakes di Kota Kediri sendiri yang mendapatkan jatah vaksin sebanyak 5.320 orang.  Setelah tahap pertama selesai, dilanjut ke tahap kedua dengan sasaran vaksin Sinovac diberikan kepada pekerja publik seperti halnya anggota TNI, Polri, Satpol PP, karyawan PDAM dan PLN. Pendistribusian tahap kedua ini dijadwalkan mulai April sampai Juni 2021. 

Sementara untuk tahap ketiga diberikan kepada masyarakat yang berisiko tinggi atau rentan tertular. Kemudian disusul masuk tahap ke empat, diberikan kepada masyarakat umum yang relatif tidak mempunyai risiko tertular Covid -19. 

Lebih lanjut pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri ini menambahkan, sebelum vaksin Sinovac datang di Kediri minggu depan, pihaknya sudah mempersiapkan  segala sesuatunya. Termasuk SDM vaksinator yang memiliki keahlian dalam memberikan vaksin. 

“Pelaksanaan vaksin sudah siap, ready baik itu dari SDM nya atau vaksinatornya yang akan memberikan vaksin sudah kita latih. Yang kedua adalah sasarannya, siapa yang akan divaksin sudah kita siapkan, sudah terupdate di Sistem Informasi sumber daya manusia kesehatan Kemenkes,” katanya. 

Disamping kesiapan sumber daya manusia, pihak Satgas Penanganan Covid-19 juga telah menyediakan  sarana prasarana fisik berupa tempat penyimpanan vaksin. 

“Kemudian untuk mengangkut vaksin dari Dinas Provinsi Jawa Timur ke Dinkes Kota Kediri sudah kita siapkan, lalu vaksin carrier nya yang bawa dari Kantor Dinkes ke Puskesmas, juga kita sediakan termasuk jarum suntik dan APD, serta protapnya,” tuturnya. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.