Asosiasi BPD Banyuwangi Inginkan Seluruh Anggotanya Mempunyai Peningkatan Kapasitas

Yovie Wicaksono - 22 June 2020
Ketua Asosiasi BPD Kabupaten Banyuwangi, Rudi Hartono Latief (Kemeja Abu-abu), memberikan peningkatan kapasitas kepada ketua dan anggota BPD se-Kecamatan Licin. Foto : (Super Radio/Fransiscus Wawan)

SR, Banyuwangi – Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kabupaten Banyuwangi, mengharapkan seluruh ketua dan anggota BPD se-Banyuwangi mempunyai peningkatan kapasitas, baik dalam perencanaan pembangunan desa maupun dalam pengadministrasian di desa, dalam menjalankan fungsi dan tugasnya sebagai legislatif di tingkat desa.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Asosiasi BPD Kabupaten Banyuwangi, Rudi Hartono Latief saat memberikan pelatihan dan peningkatan kapasitas ketua dan anggota BPD se-Kecamatan Licin, bertempat di Balai Desa Gumuk, Kecamatan Licin, Banyuwangi, Minggu (21/6/2020).

Rudi Hartono Latief mengatakan, meskipun BPD bukan termasuk dalam perangkat pemerintahan desa, namun peran BPD sangatlah penting dalam proses administrasi dan tata pengelolaan pemerintahan di desa.

“Dalam Peraturan Menteri Desa PDTT No. 16 tahun 2019 tentang Musyawarah Desa disampaikan bahwa peran penting BPD sebagai badan legislatif di desa, BPD bertanggungjawab memfasilitasi dan memimpin proses Musyawarah Desa (Musdes) yang demokratis dan menghasilkan keputusan yang berkualitas,” ujar Rudi Hartono Latief.

Dalam rangka peningkatan kapasitas, Rudi Hartono Latief siap memfasilitasi dan memberikan pelatihan kepada seluruh ketua dan anggota BPD se-Kabupaten Banyuwangi. Bahkan, Rudi siap mendatangkan narasumber dari stakeholder BPD untuk media pelatihan yang akan digelar.

Rudi juga menjelaskan, pada saat pandemi Covid-19 saat ini, desa mendapatkan banyak kucuran anggaran untuk bantuan sosial, baik yang bersumber dari APBN melalui beberapa kementerian, termasuk Kementerian Desa dan Kementerian Sosial, juga anggaran yang berasal dari APBD baik provinsi maupun kabupaten. Hal ini tentu akan banyak mempengaruhi proses perubahan APBDes.

Ia mengatakan, disinilah peran penting dari BPD, sebagai pemimpin dan yang memberikan fasilitas terkait Musdes perubahan APBDes.

“Saya siap mendatangkan narasumber dari luar daerah, bahkan melakukan kerjasama dengan Kementerian Desa PDTT dalam hal ini Pendamping Desa dan juga Pendamping dari Kementerian lain untuk memberikan pelatihan bagi BPD se-Kabupaten Banyuwangi,” ungkapnya.

Sekedar informasi, acara yang berlangsung tersebut, selain dihadiri oleh seluruh ketua dan anggota BPD se-Kecamatan Licin, juga dihadiri oleh jajaran pengurus Asosiasi BPD Kabupaten Banyuwangi. (wan/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.