Armuji Sebut Kota Surabaya Sedang Persiapkan PTM 100 Persen

Yovie Wicaksono - 14 March 2022

SR, Surabaya – Wakil Wali Kota Armuji menyampaikan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Pendidikan tengah menyiapkan teknis untuk penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen.

“Kalau memang mengacu ketentuan Pemerintah Pusat kita sudah level 2 dan vaksinasi telah melampaui target baik dosis pertama maupun kedua,” kata Armuji, Senin (14/3/2022).

Dirinya menyebutkan, saat ini Dinas Pendidikan masih melakukan kajian dan evaluasi penyelenggaraan PTM sembari terus meningkatkan target vaksinasi dosis ketiga. Pihaknya pun juga melakukan swab rutin kepada pelajar di Surabaya

“Saya memahami bahwa anak – anak Surabaya sudah kangen untuk bisa bertatap muka lagi dalam kegiatan belajar mengajarnya, tapi ini disiapkan sebaik mungkin agar saat berjalannya PTM tidak ada kendala nantinya,” tegas Armuji.

Ia menambahkan, PTM 100 persen di Surabaya direncanakan diikuti 661 sekolah dasar (SD) dengan perincian 285 SD Negeri dan 376 SD Swasta, serta 331 sekolah menengah pertama (SMP) meliputi 63 SMP Negeri dan 268 SMP Swasta.

Sekadar informasi, Kementerian Pendidikan, Kebudyaaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah mengizinkan sekolah untuk menerapkan pembelajaran tatap muka 100 persen.

Namun, sekolah yang diizinkan menerapkan PTM 100 persen harus memenuhi empat syarat yaitu pembelajaran paling lama banyak 6 jam pelajaran per hari, capaian vaksinasi dosis kedua pada pendidik dan tenaga kependidikan di atas 80 persen.

Kemudian, capaian vaksinasi dosis kedua pada warga masyarakat lansia di atas 50 persen, dan berada pada wilayah PPKM level 1 dan level 2.

Pemberlakuan PTM 100 persen itu, berdasarkan SKB 4 Menteri yang diteken Mendikbudristek Nadiem Makarim pada 21 Desember 2021 serta diskresinya yang terbit pada 2 Februari 2022. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.