DPRD Jatim Sambut Kunjungan PWI, Bahas Porwanas hingga Pengembangan Potensi Daerah

Yovie Wicaksono - 29 July 2022

SR, Surabaya – Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur Kusnadi menerima audiensi dari sekira 10 pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim, Jumat (29/7/2022).

Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim mengatakan, tujuan kedatangan mereka adalah untuk silaturahmi sekaligus menindaklanjuti rencana Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) yang akan digelar November 2022 di Malang Raya.

“Tujuan kedatangan kesini, pertama untuk silaturahmi. Kami juga mohon bimbingan dari para dewan tentang bagaimana pelaksanaan Porwanas, kebetulan Jatim sebagai tuan rumah,” ucap Lutfil.

“Kami juga mencoba untuk melakukan kerjasama kajian potensi yang bisa dikembangkan di Jatim yang ini jadi tanggung jawab bersama untuk kemaslahatan umat bersama,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, pekan olahraga tersebut sebenarnya telah terencana sejak 2019, namun sempat tertunda karena adanya pandemi Covid-19.

Untuk itu, tahun ini pagelaran dirancang berbeda. Tak sekadar perlombaan, para peserta yang terdiri dari 3600 wartawan juga diajak mengenal potensi di masing-masing daerah Jawa Timur, mulai dari wisata, budaya, hingga sejarah.

“Persiapannya sudah, kita sebagai penyelenggara sudah 80 persen, lalu sebagai peserta sudah kita siapkan nanti 10 cabang olahraga itu semoga bisa jadi juara umum,” ujarnya.

Dari pertemuan ini, ia juga mengaku kagum dan berterima kasih pada Ketua DPRD Jatim yang terbuka dan mau membantu mengembangkan potensi yang ada.

“Semangat dan dorongan pak ketua dengan wawasan yang sangat luas ini sangat konstruktif untuk kepentingan daerah,” ungkapnya.

Atas hal tersebut, Ketua DPRD Provinsi Jatim Kusnadi mengungkapkan bahwa pihaknya siap mendukung pelaksanaan Porwanas. 

“Kalau itu baik untuk warga Jatim ya tidak apa-apa. Pekan olahraga disini yang penting itu bisa memberi nilai tambah ke warga, ekonomi masyarakat jadi menggeliat, banyak UMKM muncul, pariwisata juga lebih naik,” ungkapnya.

Kemudian terkait pendanaan, nantinya akan mengikuti proses yang berlangsung. “Mereka di sana sudah dapat alokasi pendanaan, mereka datang disini meminta dukungan agar pendanaan yang diminta PWI bisa terealisasi pada DAK yang akan datang,” pungkasnya. (hk/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.