Airlangga Hartarto: Ekonomi Indonesia Tunjukkan Sinyal Positif

Yovie Wicaksono - 24 May 2021
Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto. Foto : (BPMI Setpres)

SR, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian), Airlangga Hartarto melaporkan adanya tanda positif dari perekonomian Indonesia. 

Ia mengatakan, angka realisasi program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) mengalami kenaikan. Selain itu, beberapa indikator seperti neraca perdagangan dan pertumbuhan ekspor impor juga menunjukkan perkembangan yang positif.

“Dilaporkan bahwa realisasi PEN naik Rp60,72 triliun atau 26,3 persen yaitu sebesar Rp123,26 triliun,” ungkap Airlangga dalam keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (24/5/2021), setelah mengikuti rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo.

Kemudian terkait pemulihan ekonomi, Airlangga menjelaskan beberapa konsensus revisi yang kisarannya antara 6,7 sampai 7,1 persen. Menurutnya, neraca perdagangan surplus 2,19 persen, pertumbuhan ekspor naik 51,94 persen, dan impor tumbuh 29,93 persen.

Dilihat dari indikator sosial, Airlangga melanjutkan, perekonomian Indonesia juga bergerak menuju arah yang menggembirakan. Hal itu ditandai dengan dampak pandemi yang berangsur berkurang di ketenagakerjaan.

“Pengangguran di Indonesia turun menjadi 6,26 persen dari yang sebelumnya 7,07 persen di bulan Agustus dan penduduk yang terdampak akibat Covid menurun dari 29,12 juta menjadi 19,10 juta,” tandasnya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.