Agustin Poliana Apresiasi Upaya Bank Jatim atas Restrukturisasi Kredit UMKM

Yovie Wicaksono - 30 July 2021
Anggota Komisi C DPRD Jatim Agustin Poliana saat melakukan kunjungan ke Bank Jatim, Kamis (29/7/2021). Foto : (Istimewa)

SR, Surabaya – Anggota Komisi C DPRD Jatim Agustin Poliana, menyambut baik upaya Bank Jatim dalam membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan program restrukturisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Ia mengatakan, program tersebut dapat membantu para pelaku usaha yang terdampak selama pandemi Covid-19, agar bisa mendapatkan relaksasi atau keringanan dalam KUR. 

“Selama saya turun ke masyarakat Dapil Surabaya, keluhan tentang pembayaran KUR yang membebani, apalagi sektor ekonomi riil masyarakat, seperti usaha rumah tangga, pelaku usaha yang produktif. Khusus pariwisata, karena kondisi real di lapangan memang tidak mungkin bisa melakukan usaha selama masa PPKM maupun masih dalam masa pandemi Covid-19. Ini yang cenderung stagnan, maka masyarakat butuh relaksasi kredit KUR,” ujarnya saat melakukan kunjungan ke Bank Jatim, Kamis (29/7/2021).

“Pelaku usaha di Surabaya khususnya UMKM, sangat terimbas dengan pandemi ini. Mereka butuh sentuhan kebijakan restrukturisasi perbankan, seperti relaksasi  KUR di Bank Jatim. Tetapi Alhamdulillah Bank Jatim memberikan program restrukturisasi bagi pelaku usaha yang terkena dampak tersebut,” imbuhnya.

Perempuan yang akrab disapa Titin ini menambahkan, dirinya melakukan diskusi dengan Bank Jatim guna memastikan bagaimana program itu dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Ingin memastikan program kegiatan Bank Jatim dalam PPKM dan pandemi Covid-19.  Selama ini bagaimana yang bisa bermanfaat bagi warga masyarakat kota Surabaya, dan kota-kota lain, sehingga manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh mereka para nasabah maupun peserta UMKM,” lanjutnya.

Selanjutnya, terkait mekanisme program ia menjelaskan, dalam restrukturisasi, pelaku usaha bisa membayarkan besaran angsuran sesuai batas kemampuan saat pandemi Covid-19.

“Program restrukturisasi ini untuk pelaku usaha yang punya kredit KUR di Bank Jatim.  Dimana pelaku usaha ini bisa mengajukan perpanjangan pembayaran KUR, dan besaran pembayaran angsuran sesuai batas kemampuan para pelaku usaha dan nasabah UMKM di tengah pandemi Covid-19 ini,” ucap politisi PDI Perjuangan ini.

Kedepan Titin berharap, masyarakat Surabaya dapat memanfaatkan program ini dengan baik dan benar.

“Semoga program restrukturisasi KUR ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Surabaya” pungkasnya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.