Achmad Hidayat Nilai PPDB Jalur Afirmasi Jenjang SMA/SMK Masih Jadi Beban Bagi Warga

Yovie Wicaksono - 22 June 2021
Wakil Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya Achmad Hidayat. Foto : (Istimewa)

SR, Surabaya – Wakil Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya Achmad Hidayat mengatakan, penerimaan jalur Afirmasi “Mitra Warga” harusnya tidak memberatkan siswa – siswi yang diterima karena merupakan kategori masyarakat tidak mampu. Hal ini disampaikannya, setelah mendapatkan beberapa pesan dari warga yang mengaku mengeluhkan terkait biaya seragam.

“Saya mendapatkan banyak pesan masuk baik warga yang diterima di SMA Negeri maupun SMK Negeri. Warga mengeluh karena harus membayar biaya kain seragam, kisarannya Rp 1,8 juta hingga Rp 2 juta,” ujar Achmad Hidayat.

Ia mengungkapkan, mereka yang diterima melalui jalur tersebut, berasumsi mendapatkan keringanan biaya dibandingkan jalur reguler zonasi atau prestasi nilai. Karena seperti diketahui, jalur Afirmasi “Mitra Warga” memberikan kuota 15 persen dalam setiap pagu sekolah jenjang SMA/SMK, dan diperuntukkan bagi warga tidak mampu , penyandang disabilitas dan anak – anak dari buruh yang dibuktikan dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP) , Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau Surat Keterangan Miskin (SKM).

“Dicontohkan kalau di jenjang Pendidikan Tinggi ada Bidik Misi itu full coverage biaya pendidikan dan di jenjang SD – SMP yang dikelola Dinas Pendidikan Kota Surabaya Mitra warga juga full coverage bahkan mendapatkan biaya personal untuk tas , buku dan lain sebagainya,” imbuhnya.

Oleh karena itu, Achmad berharap agar ada kebijakan yang solutif dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dan Gubernur Jawa Timur untuk menyelesaikan masalah tersebut. Terlebih disaat pandemi seperti ini banyak warga yang kesulitan mencari nafkah.

“Dispendik Provinsi Jawa Timur dan Gubernur harus pro wong cilik, jangan sampai masa pandemi begini warga harus kesulitan kesana kemari cari hutangan bayar seragam,” tegas politisi PDI Perjuangan tersebut.

Sekedar informasi, berdasarkan laman resmi ppdbjatim.net dikatakan bahwa daftar ulang telah dapat dilakukan sejak tanggal 21-30 Juni 2021 dengan mematuhi protokol kesehatan. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.