Achmad Hidayat : Eri – Armuji Sigap Pahami Kebutuhan Rakyat

Yovie Wicaksono - 10 April 2022
Wakil Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya Achmad Hidayat. Foto : (Istimewa)

SR, Surabaya – Sebanyak 3.062 mahasiswa yang terdaftar menerima beasiswa Perguruan Tinggi dari Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan direalisasikan pada April 2022 melalui Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Surabaya.

Selain itu, Pemkot juga menyediakan beasiswa bagi arek Suroboyo yang kuliah di 11 perguruan tinggi (PT) negeri dan swasta. 

Hal itu tertuang di dalam Peraturan Walikota Surabaya Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Tata Cara Pemberian Beasiswa yang bertujuan menjamin penyelenggaraan pendidikan bagi warga surabaya masuk kategori Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) hingga jenjang Pendidikan Tinggi.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Surabaya Achmad Hidayat bercerita, bahwa dirinya merupakan alumni penerima beasiswa dari Pemerintah Kota Surabaya yang saat itu namanya “Beasiswa Bibit Unggul” lalu bertransformasi ke “Generasi Emas”.

“Saat itu selain mendapatkan beasiswa saya dan kawan-kawan diwajibkan tinggal di Asrama Kalijudan (saat Ini menjadi Pondok Sosial Kalijudan), kami di gembleng disana agar betul bisa menjadi generasi yang tidak hanya berkompeten namun berkarakter,” tegas Achmad Hidayat, Minggu (10/4/2022).

Dirinya memaparkan, sejak diprakarsai era Wali Kota Sunarto Sumoprawiro, dilanjutkan Bambang Dwi Hartono, diperluas kuotanya di Era Tri Rismaharini dan saat ini dengan jumlah kuota 3.062 mahasiswa saat kepemimpinan Eri Cahyadi-Armuji, program ini telah banyak menelurkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu bersaing.

“Kalau dilihat sejarah panjangnya, andil PDI Perjuangan yang selalu mengedepankan urusan pendidikan. Karena mengentaskan kemiskinan adalah dipotong mata rantainya melalui pendidikan,” katanya.

Ia juga menyuarakan, supaya program ini dapat tersosialisasi dengan baik agar dapat menjangkau warga Surabaya yang berkeinginan kuat untuk kuliah setelah diterima di Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi yang telah bekerjasama dengan Pemkot Surabaya.

“Alhamdulillah Eri-Armuji sigap dengan kebutuhan rakyat, saat ini memasuki fase seleksi perguruan tinggi Pemerintah Kota telah menyiapkan beasiswa bagi warganya yang sesuai dengan kriteria,” imbuhnya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.