8.188 Pekerja Migran Tiba di Jatim, 76 Diantaranya Positif Covid-19

Yovie Wicaksono - 14 May 2021
Ilustrasi Pekerja Migran Indonesia (PMI). Foto : (Istimewa)

SR,Surabaya – Sebanyak 8.188 Pekerja Migran Indonesia (PMI) tiba di Jawa Timur dan tercatat sudah dipulangkan di daerah masing-masing.

Data ini sejak dimulainya karantina pada 28 April 2021 hingga 13 Mei 2021.

Dari jumlah itu, 76 orang pekerja migran terkonfirmasi positif Covid-19. Sedangkan, 359 orang pekerja migran saat ini masih menjalani masa karantina aktif.

Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, pekerja migran yang telah dinyatakan negatif akan dikoordinasikan dengan pemprov dan pemda masing-masing serta dilengkapi surat keterangan negatif Covid-19, sekaligus surat jalan.

“Setelah itu, mereka akan menjalani tes usap kedua, diikuti dengan PPKM mikro selama 14 hari. Ini berlaku baik bagi pekerja migran asal Jatim maupun provinsi luar Jatim,” ujarnya, Jumat (14/5/2021).

Setibanya di daerah, pekerja migran juga masih harus menjalani masa karantina di sentra selter selama tiga hari.

Karantina berlapis harus dilakukan agar semua senantiasa terlindungi dan dipastikan sehat, baik diri sendiri maupun keluarga di kampung.

Diperkirakan masih ada 14 ribu-an pekerja migran asal Jatim dari berbagai negara akan datang hingga Juli 2021.

“Mereka telah habis masa kontrak di tempat kerjanya sehingga tidak boleh tinggal lebih lama di negara lain,”pungkas Gubernur perempuan pertama di Jawa Timur ini. (ng/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.