Yordan : Generasi Muda Harus Tau yang Terjadi di Indonesia

Yovie Wicaksono - 29 October 2021
Anggota Komisi A DPRD Jatim, Yordan M. Batara-Goa. Foto : (Istimewa)

SR, Surabaya – Anggota Komisi A DPRD Jatim, Yordan M. Batara-Goa mengatakan generasi muda harus diberi wawasan tentang apa yang sesungguhnya terjadi di Indonesia, seperti situasi di Papua, Aceh, di sudut-sudut kota yang kumuh, di desa, kemudian apa yang dialami petani/nelayan atau mereka yang masih terpinggirkan.

“Jadi ketika mereka tau kenyataan yang ada, maka mereka mendapat energi dan semangat untuk meneruskan perjuangan para pendahulu kita,” katanya.

Ia mengatakan, pada dasarnya generasi muda memiliki potensi yang besar, namun tetap harus diarahkan, tidak bisa dibiarkan berjalan sendiri karena kemajuan teknologi memberikan informasi yang terkadang justru tidak sehat untuk pembangunan bangsa.

“Saya lihat generasi muda memiliki potensi besar, hanya saja mereka banyak di bombardir oleh berbagai hal yang justru tidak mencerminkan musuh kita yang sesungguhnya, yakni kemiskinan, keterbelakangan dan kesenjangan sosial. Namun lebih kepada menawarkan kesenangan, pragmatisme, dan cara hidup yang instan,” tandasnya.

“Selain itu, generasi sekarang adalah generasi yang diberi tahu itu tidak akan masuk, tetapi mereka perlu mengalami dan melihat sendiri, baru mereka akan tergugah,” sambungnya.

Maka dari itu, diperlukan peran serta generasi sebelumnya untuk mengajak dan membukakan pintu bagi generasi muda agar bisa mengenal, melihat dan mengalami sendiri berbagai permasalahan di masyarakat.

“Intinya seperti yang tadi sudah saya sampaikan, harus ada yang mengarahkan, itu peran orang tua, kami-kami generasi yang dulu juga pernah muda,” imbuhnya. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.