Wisata Bekantan, Primadona Tarakan

Yovie Wicaksono - 3 May 2019
Wisata Bekantan di Tarakan, Kalimantan Utara. Foto : (Super Radio/Niena Suartika)

SR,  Tarakan – Tarakan merupakan sebuah kota di Kalimantan Utara yang memiliki sejuta panorama alam. Tidak hanya itu,  di Tarakan juga masih banyak hutan-hutan yang dikelola oleh masyarakat setempat bahkan menjadi tempat wisata,  salah satunya di Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan.

Kawasan ini berada di jalan Gajah Mada, Tarakan,  Kalimantan Utara. Memiliki wilayah sekitar 21 hektare,  pengunjung bisa melihat habitat Bekantan,  hewan berhidung panjang yang menjadi ikon wisata Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta.

“Jumlah Bekantan di sini ada sekitar 40 an, dari yang sebelumnya hanya belasan,” kata Rini, pemandu wisata di Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan, Tarakan, Kaltara,  Jumat (3/5/2019).

Rini mengatakan,  Bekantan ini dikirim dari Berau,  Kalimantan Timur. Setiap harinya lebih dari 8 tanda pisang diberikan untuk makanan hewan yang mirip dengan monyet ini.

“Awalnya pisang ini hanya sebagai makanan tambahan karena makanan utama mereka ya tanaman bakau ini,  tapi lama kelamaan malah pisang yang menjadi makanan utama mereka,” kata Rini.

Ia mengatakan setiap harinya jumlah pengunjung yang datang di kawasan ini tidak menentu. Jika hari biasa, pengunjung hanya sedikit namun ketika liburan cukup banyak yang datang.

“Kalau hari biasa sih masih bisa dihitung paling hanya puluhan tapi kalau liburan cukup banyak,” katanya.

Selain habitat Bekantan,  di kawasan ini pengunjung juga bisa melihat kepiting warna warni yang hidup di lumpur serta beberapa jenis ikan. Di kawasan ini juga disediakan kantin-kantin, meskipun ketika hari biasa kantin tersebut tutup. (ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.