Waspadai Gelombang Tinggi di Perairan Jawa

Yovie Wicaksono - 5 July 2021
Ilustrasi. Foto : (Istimewa)

SR,Surabaya – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Perak Surabaya mengeluarkan peringatan dini terkait kondisi di perairan Jawa. Masyarakat diimbau agar mewaspadai adanya potensi gelombang tinggi hingga Selasa (6/7/2021).

Prakirawan BMK Maritim Surabaya, M Arif Wiyono, mengatakan potensi gelombang tinggi terjadi karena adanya pusat tekanan rendah yang terjadi di Samudra Hindia Barat Kepulauan Mentawai dan di Samudra Pasifik Timur Filipina. Sementara tingginya gelombang air laut yang memiliki kecepatan angin berkisar 5 -25 knot, dominan bergerak dari arah Tenggara–Barat Daya.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian Selatan dominan bergerak dari arah Timur – Selatan dengan kecepatan 5-25knot. Kecepatan angin tertinggi tersebut terpantau di Perairan Barat Aceh, Laut Jawa, Laut Banda Dan Laut Arafuru.

Angin tersebut mengakibatkan terjadinya potensi tinggi gelombang (Sedang) 1.25-2.5 m yang dapat terjadi di Perairan Kalteng bagian Timur, laut Jawa Utara Bawean, laut Jawa Selatan Bawean, laut Jawa Barat Masalembo, laut Jawa Timur Masalembo, Perairan Tuban-Lamongan, Perairan Utara Madura, Perairan Kepulauan Sapudi, dan Perairan Kep. Kangean.

“Sedangkan tinggi gelombang 4.0-6.0 (Sangat Tinggi) berpotensi terjadi di Perairan Selatan Jatim dan Samudera Hindia Selatan Jatim,” ujar Arif, Senin (5/7/2021).

Sementara itu, terkait perkiraan kondisi cuaca di seluruh wilayah Perairan Jawa Timur hingga 6  Juli 2021 pukul 07.00 WIB, umumnya terjadi hujan ringan hingga sedang. BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan siaga.

Selain itu seluruh armada pelayaran juga diharapkan memperhatikan keadaan awan Cumulo Nimbus (Cb) yang luas dan gelap, karena awan tersebut dapat menambah kecepatan angin dan tinggi gelombang. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.