Tiba di Tanah Air, Ratusan PMI Jalani Karantina di Surabaya

Yovie Wicaksono - 3 July 2021
PMI Menjalani Swab PCR di Asrama Haji Sukolilo Surabaya. (Foto : kominfo.jatimprov.go.id)

SR,Surabaya – Sebanyak 201 Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang datang dari Singapura dan Hongkong tiba di kota Surabaya, Sabtu (03/07/2021). Dari jumlah itu, 164 orang menjalani karantina di Asrama Haji Sukolilo Surabaya setelah melakukan tes Swab PCR, sisanya 37 orang karantina mandiri di hotel.

Berdasarkan data UPT Pelayanan dan Perlindungan Tenaga Kerja (UPT P2TK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jatim dan Posko KKP di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, kedatangan PMI pertama dari Singapura menggunakan pesawat Scoot Tiger Air (TR262) dengan membawa 76 penumpang.

Kepala UPT Pelayanan dan Perlindungan Tenaga Kerja (UPT P2TK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jatim Budi Raharjo mengatakan, dari 76 PMI asal Singapura itu 55 menjalani karantina di Asrama Haji dan sisanya 21 orang menjalani karantina di hotel.

“Mereka  karantina mandiri di hotel dengan biaya sendiri namun dalam pengawasan Pemprov Jatim,”ujar Budi.

Sedangkan PMI asal Hongkong tiba di Surabaya sebanyak 125 orang. Dari jumlah tersebut 109 PMI   dikarantina di Asrama Haji Surabaya serta 16 orang karantina Mandiri di hotel.

Sekedar informasi, hingga saat ini jumlah PMI yang tiba melalui Bandara Juanda, sebanyak 17.597 orang. Dari jumlah itu, 16.460 orang sudah kembali ke daerah asal. Rinciannya, 12.968 dijemput petugas kabupaten/kota sedangkan sisanya 3 366 orang pulang sendiri. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.