TNI dan RSLI Kerahkan Penyintas Covid-19 untuk Donor Plasma Konvalesen

Yovie Wicaksono - 23 July 2021

SR, Surabaya – Menanggapi tingginya permintaan plasma konvalesen di Jawa Timur, Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya kembali menyelenggarakan Skrining Donor Plasma Konvalesen, Kamis (22/7/2021).

Kolaborasi antara Relawan Pendamping PPKPC-RSLI dengan Kodam V Brawijaya ini mengerahkan penyintas dari unsur TNI melalui Sprint Pangdam V Brawijaya dengan menggerakkan 104 prajurit penyintas Covid-19 untuk melakukan skrining.

Perwakilan RSLI, Kolonel Ckm dr. Krisna Murti, Sp.BS, menyampaiakan rasa syukur dan bangga bahwa prajurit TNI tanggap dan tetap komitmen dalam membantu mengatasi pandemi Covid-19, salah satunya melalui pengerahan prajurit penyintas untuk menjalani skrining donor plasma konvalesen.

“Acara ini dilakukan atas perintah Pangdam sebagai upaya mengatasi kondisi saat ini yang mana jumlah pasien kritis mengalami peningkatan sehingga angka mortalitas juga tinggi. TNI sebagai salah satu kekuatan bangsa ikut berpartisipasi aktif dengan menyumbangkan plasma konvalesen sebagai bentuk pengabdian prajurit terhadap bangsa,” ujar Krisna.

Dokter PenanggungJawan Pasien (DPJP) RSLI, Fauqa Arinil Aulia menyampaikan kepada para penyintas untuk tidak khawatir dalam menjalani proses donor plasma konvalesen ini. Semua sudah diukur dan dianalisa secara medis sehingga pengambilan plasma tidak akan membahayakan tubuh pendonor, dan saat ditransfusikan juga tidak akan membahayakan penerimanya.

Koordinator Program Skrining Donor Plasma Konvalesen PPKPC-RSLI, Sita Pramesthi juga menyatakan rasa bersyukurnya atas berlangsungnya acara tersebut dengan baik dan lancar. Ia mengatakan, acara kali ini berhasil meloloskan 28 orang penyintas dari TNI dan alumni RSLI melanjutkan proses skrining donor plasma konvalesen.

“Alhamdulillaah acara ini berjalan lancar dengan dibantu oleh Relawan Pendamping Keluarga Pasien Covid-19 dan PMI Surabaya. Semoga yang lanjut skrining bisa lolos dan melaksanakan donor plasma konvalesen, sehingga dapat membantu proses penyembuhan penderita Covid-19 stadium sedang dan berat,” kata Sita.

Kegiatan skrining donor plasma konvalesen ini juga akan terus dilaksanakan oleh relawan pendamping bekerjasama dengan PMI, TNI, dan pihak pendukung lainnya untuk bisa memperbanyak pasokan pendonor ke PMI.

Hingga saat ini, berdasarkan informasi dari PMI masih ada sekira 400an masyarakat yang antre membutuhkan plasma konvalesen di Surabaya saja. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.