Serunya Berwisata di Coban Talun

Yovie Wicaksono - 5 May 2022
OYOT (Obyek Wisata Coban Talun). Foto : (Super Radio/Fena Olyvira)

SR, Batu – Berkunjung ke Kota Batu, kurang lengkap rasanya bila belum berkunjung ke Desa Wisata Coban Talun, Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji.

Selain air terjun Coban Talun, destinasi wisata dengan nuansa alam yang eksotis ini memiliki beragam wahana dan spot foto menarik diantaranya Pagupon, Apache, Alas Pinus, Taman Bunga yang terkenal dengan bunga hertensianya, Goa Djepang, Kafe Hortensia, Rumah Terbalik, petik strawberry, hingga OYOT (Obyek Wisata Coban Talun).

Ada juga wahana permainan anak maupun orang dewasa, mulai dari ATV, flying fox, perahu bebek, sepeda udara diatas DAM, hingga outbound.

Koordinator Wisata Coban Talun, Samsul Huda (55) mengatakan, Pagupon, Apache, dan OYOT menjadi wahana favorit para pengunjung. Terlebih air terjun buatan yang berasal dari DAM atau bendungan menjadi daya tarik tersendiri.

Selama libur Lebaran ini, kata Samsul, terjadi peningkatan jumlah pengunjung setelah dua tahun terdampak pandemi Covid-19 dengan berbagai pembatasannya.

“Tingkat kunjungan sudah ada kenaikan antara 15-20 persen. Kalau biasanya saat hari libur ada sekira 300 pengunjung, sekarang rata-rata 400-500 pengunjung perharinya. Cuma ya memang jumlahnya masih belum bisa seperti saat sebelum pandemi, dimana pada tahun 2019 kalau hari libur pengunjungnya bisa tembus 2000 orang,” ujar Samsul, Kamis (5/5/2022).

Total jumlah pengunjung mulai 2-5 Mei terdapat sekira 1.600 orang dari berbagai daerah seperti Surabaya, Malang, Bogor, Bali, hingga NTT. Angka ini diprediksi akan terus naik dan bisa tembus mencapai 5.000 pengunjung selama periode libur Lebaran.

“Kapasitas kita 3000 pengunjung dan tentu tetap menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

 

 

Air terjun buatan yang berasal dari DAM atau bendungan menjadi daya tarik tersendiri di Wisata Coban Talun. Foto : (Super Radio/Fena Olyvira)

Salah satu pengunjung asal Bali, Yuliati (42) mengaku baru pertama kali berkunjung ke tempat wisata yang dibuka pada tahun 2018 ini. Ia datang bersama dengan keluarga besarnya yang ada di Pasuruan setelah merayakan hari raya Idulfitri.

“Kenapa memilih berlibur disini ya karena kalau ke tempat wisata lainnya kita sudah pernah dan penasaran juga. Disini enak, udaranya sejuk, pemandangannya bagus dan asri. Cuma ya memang perlu ada perbaikan, dipercantik lagi spot-spot fotonya,” katanya.

Selain untuk berwisata bersama keluarga, pengunjung juga bisa menjadikan wisata ini sebagai tempat reuni bersama kawan-kawan semasa sekolah. Seperti apa yang dilakukan Sucianto (50).

Pria yang berdomisili sekira 2 kilometer dari tempat wisata ini memilih Coban Talun sebagai tempat reuni lantaran keasrian alamnya dan suasana sekitar yang mengingatkan dirinya dan teman Sekolah Dasar-nya pada masa kecil mereka.

“Kami ini kan banyak dari golongan keluarga petani, jadi kalau reuni disini senang, bisa mengenang tempat perbukitan dan masa kecil kita,” ujarnya.

Sekadar informasi, wisata Coban Talun ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp 12 ribu per orang. Adapula promo tiket masuk terusan seharga Rp 25 ribu per orang. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.