Serangan Hama Tikus di Kabupaten Kediri Meluas Hingga 5 Kecamatan

Yovie Wicaksono - 7 November 2019
Seorang petani sedang membawa perangkap tikus di lahan miliknya. Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Serangan hama tikus di wilayah Kabupaten Kediri terus meluas hingga merambah 5 wilayah kecamatan, diantaranya Kecamatan Wates, Semen, Kepung, Kunjang dan Ngasem.

Plt Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri Anang Widodo menjelaskan, jika permasalahan serangan hama tikus ini tidak hanya terjadi di wilayah Kabupaten Kediri saja, melainkan juga didaerah Jawa Timur lainnya.

“Dapat kami sampaikan Insya Allah di bulan-bulan ini, hampir merata diseluruh Jawa Timur terjadi serangan tikus. Paling besar memang di Jombang, hasil koordinasi kemarin dengan Provinsi,” ujarnya pada Kamis (7/11/2019).

Ia menambahkan, serangan hama tikus ini, tidak hanya merusak tanaman jenis pangan, tetapi juga tanaman kebun.

Dari sejumlah kecamatan yang diserang hama tikus, Kecamatan Kunjang tercatat paling banyak. Hal ini dikarenakan serangan tikus tersebut  terpola melalui jalur Sungai Konto.

“Untuk serangan di Kabupaten Kediri, seperti kami sampaikan tadi, tikus itu sifatnya spot-spot. Jadi luasnya kami belum bisa secara detail sampaikan. Cuman gejala itu, serangan mulai terjadi di daerah Semen, Ngasem, Kepung dan Kunjang. Paling banyak di Kunjang,” ujarnya.

Serangan hama tikus selalu menyerang sasaranya, kemudian bergeser pindah tempat ke wilayah lain. Lebih lanjut,  Ia tidak ingin peristiwa yang terjadi di wilayah Jombang menimpa Kabupaten Kediri.

“Jadi di Jombang itu jagung sudah mau panen diserang, jadi bisa hancur total. Makanya kami mengantisipasi sebelum itu terjadi,” katanya.

Salah satu upaya yang sudah dilakukan oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri yaitu melaksanakan Gerakan Pengendalian Hama Tikus dengan melibatkan 6 kelompok  secara massal di Desa Pagu, Kecamatan Wates, di lahan seluas 40 hektar yang rencananya berlangsung selama tujuh hari.

Upaya  yang sudah dilakukan berupa pemberian racun tikus, pemberian asap yang ditaruh didalam lubang sarang tikus serta pengendalian secara hayati. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.