Sejumlah Lapas di Jatim Terapkan Persidangan Online

Yovie Wicaksono - 31 March 2020
Proses sidang online di Rutan atau Lapas di wilayah Jawa Timur yang sudah diterapkan, Senin (30/3/2020). Foto : (Humas Kanwil Kemenkumham Jatim)

SR, Surabaya – Dalam rangka mencegah penyebaran virus corona (Covid-19), sejumlah tahanan di lapas atau rutan jajaran Kanwil Kemenkumham Jatim telah melakukan persidangan menggunakan media teleconference pada Senin (30/3/2020). Hal tersebut mendapatkan respon positif dari Aparat Penegak Hukum (APH). 

“Alhamdulillah, dalam rangka pencegahan dan penanganan Covid-19, tahanan telah mengikuti persidangan secara online. Memang, baru beberapa lapas atau rutan yang memulai hari ini. Diantaranya Rutan Magetan, Sumenep, Trenggalek, Ponorogo, Situbondo, Sampang dan Jember,” kata Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Krismono.

Ia mengatakan, lapas atau rutan yang memulai sidang online jumlahnya masih sedikit karena saat ini hanya diprioritaskan bagi tahanan yang akan habis masa tahanannya. 

“Sedangkan beberapa lapas atau rutan baru melakukannya besok menyesuaikan agenda sidang,” ujar Krismono.

Hal ini, menurut Krismono bisa terwujud karena adanya sinergi yang baik antar APH. Untuk itu, dia mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada APH yang selama ini proaktif mendukung layanan persidangan online ini.

“Dengan langkah ini, tahanan bisa dihindarkan dari penularan virus SARS-COV-2. Begitu pula lapas/ rutan harus bisa merespon dengan memberikan layanan yang terbaik,” pungkasnya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.