Sambut Ramadan, Armuji Jalani Tradisi Nyekar dan Megengan

Yovie Wicaksono - 31 March 2022
Wakil Wali Kota Surabaya Armuji saat nyekar ke Sumenep pada Rabu (30/3/2022). Foto : (Istimewa)

SR, Surabaya – Menjelang bulan Ramadan, umat Islam di Indonesia memiliki satu kebudayaan turun menurun yakni melakukan ziarah kubur atau nyekar ke makam keluarga.

Tidak terkecuali, Wakil Wali Kota Surabaya Armuji yang juga melakukan nyekar ke Sumenep pada Rabu (30/3/2022), untuk mendoakan orang tua yang telah berpulang terlebih dahulu.

“Ramadan ini dengan pelonggaran aktivitas, Alhamdulillah bisa nyekar dan mendoakan orang tua kami yang berpulang mendahului kita,” kata Armuji.

Dirinya menyampaikan, ziarah atau nyekar sebagai salah satu rangkaian tradisi dalam keluarganya dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadan. Selain itu juga megengan dengan berdoa bersama serta ater – ater kue apem.

“Tradisi ini tetap hidup kalau kita jalankan rutin, begitu luhur nilai – nilai yang diwariskan. Kita juga diminta eling bahwa semua hanya sementara dan senantiasa berbagi pada sesama,” kata orang nomor dua di Kota Surabaya ini.

Ia juga menyebutkan di Kota Surabaya masih banyak masyarakat yang tengah mempersiapkan datangnya bulan Ramadan dengan tetap menjalankan tradisi luhur seperti megengan dan nyekar.

Menurutnya, itu juga menjadi nilai positif karena aktivitas masyarakat bisa kembali bergerak yang membawa optimisme pada sektor ekonomi.

“Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan, semoga seluruh Warga Kota Surabaya mendapatkan keberkahan di bulan suci ini,” imbuhnya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.