Sambut Libur Lebaran, KSP Luncurkan Portal Info Mudik

Yovie Wicaksono - 11 May 2019
Website infomudik.go.id Memberikan Informasi Arus Mudik dan Tempat Wisata. Foto : (Kantor Staf Presiden)

SR, Jakarta – Untuk menyukseskan libur Lebaran 2019, Kantor Staf Presiden (KSP) bersama kementerian, lembaga dan BUMN terkait, meluncurkan portal web terintegrasi www.infomudik.go.id

Di libur Lebaran 2019, infomudik.go.id dilengkapi tiga fitur utama, yakni akses jalan dan rute terbaik, serta rest area. Fitur terbaru adalah informasi mengenai klinik dan posko kesehatan terdekat sepanjang jalur mudik.

Sebagaimana pada pelayanan arus mudik tahun lalu, infomudik.go.id bekerjasama dengan Google yang diharapkan dapat menyempurnakan penyampaian informasi terkait kondisi mudik tahun ini.

Deputi I Kepala Staf Kepresidenan, Darmawan Prasodjo mengatakan, melalui website ini masyarakat juga dapat mengunggah temuan mereka akan tambahan informasi, termasuk terkait tempat kuliner dan destinasi wisata baru.

“Sehingga portal ini tidak bersifat statis, tapi terus berkembang sejalan dengan waktu libur Lebaran 2019, baik arus mudik maupun arus balik,” paparnya.

Khusus tahun ini, ada tambahan satu portal baru, yakni turtransjawa.id sebagai panduan kepada publik bagaimana memanfaatkan berbagai lokasi wisata di sepanjang jalan tol dari Merak hingga Probolinggo.

“Persiapan tempat istirahat dan pelayanan atau rest area juga makin ditingkatkan, seperti halnya menyiapkan SPBU dan juga memastikan bergeraknya ekonomi lokal yang menyediakan aneka UMKM kuliner lokal sesuai arahan Presiden Jokowi,” ujarnya.

Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Adita Irawati yang hadir pada ‘soft launching’ infomudik.go.id di ruang rapat utama Kantor Staf Presiden, menjelaskan pesan khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurutnya, Presiden Jokowi menekankan beberapa hal penting dalam menyambut lebaran antara lain ketersediaan dan kestabilan harga pokok yang harus selalu diinformasikan kepada masyarakat, kesiapan infrastruktur transportasi dan didukung ketersediaan BBM, serta keamanan, tidak hanya menyangkut situasi jalan di lapangan, tetapi juga terkait informasi cuaca oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

“Ketiga poin ini sangat penting untuk kenyamanan dan keamanan pemudik. Karena itu, kehadiran berbagai jenis sarana informasi, baik yang bersifat pull melalui portal seperti ini, maupun push, di mana masyarakat bisa langsung mendapatkan informasi tentang arus mudik dan arus balik menjadi sangat berperan,” ujarnya.

Berbagai instansi telah bahu-membahu menyiapkan layanan agar para pemudik dapat menjalani ritual budaya tahunan ini dengan lancar.

Dari sisi jumlah angkutan, Kementerian Perhubungan dan PT KA telah menyiapkan angkutan tambahan moda kereta api.

BMKG dengan 187 kantor stasiunnya akan terus menginformasikan kondisi cuaca terkini kepada para pemudik, yang saat ini bersiap memasuki musim kemarau.

Pertamina juga terus melakukan inovasi pelayanan guna menjamin ketersediaan BBM di 78 rest area dan PLN juga menjamin pasokan listrik khususnya di Jawa dan Bali.

Demikian pula pihak Jasa Raharja juga siap memberikan pelayanan seandainya terjadi kecelakaan korban lalu-lintas di jalur arus mudik dan arus balik Lebaran 2019. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.