Sambangi Sentral Ikan Bulak, Armuji Tampung Keresahan Nelayan

Yovie Wicaksono - 28 May 2021
Sambangi Sentral Ikan Bulak, Armuji Tampung Keresahan Nelayan. Foto : (Istimewa)

SR, Surabaya – Wakil Wali Kota Surabaya, Armuji bersama anggota Komisi C DPRD Abdul Ghoni Mukhlas beraudiensi dengan komunitas nelayan di Sentra Ikan Bulak Surabaya, Jumat (28/5/2021).

Sembari berkeliling di UMKM setempat, Armuji melakukan tanya jawab dan mendengar beberapa keresahan dari perwakilan nelayan, mulai dari pembangunan tanggul pemecah ombak, harga ikan yang cenderung tidak stabil, dan asuransi untuk nelayan. Adapun diantara tiga hal itu, pembangunan tanggul dipandang jadi prioritas saat ini.

“Kemarin waktu cuaca buruk, perahu kami banyak yang rusak bahkan ada yang tenggelam kena ombak, Pak,” ujar Hadi, perwakilan komunitas nelayan Kelurahan Sukolilo, Kecamatan Bulak Surabaya.

Setelah mendengar keresahan tersebut, Armuji menegaskan bahwa pihaknya akan mengkoordinasikan dengan pihak terkait.

“Setelah kami dialog dengan teman-teman nelayan. Nanti akan kami koordinasikan dengan DKPP (Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian) Kota Surabaya agar bisa difasilitasi,” kata Armuji.

Sedangkan soal asuransi, pria yang akrab disapa Cak Ji ini menyatakan bahwa Pemkot Surabaya juga akan memfasilitasi.

“Asuransinya tidak mahal, 180.000 per tahun. Semoga nanti kami bisa subsidi sebagian. Biar ada sharing tanggung jawab antara Nelayan dan Pemerintah,” ujarnya.

Cak Ji juga menjelaskan pentingnya memfasilitasi nelayan dalam menjaga keselamatan mereka karena mata pencahariannya yang senantiasa berada di lautan dan menantang bahaya.

Pada akhir kunjungannya, Armuji pun tak lupa menyempatkan diri untuk berkeliling ke stan-stan UMKM yang ada disana. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.