Rugikan Banyak Pihak, Daniel Rohi Tolak Wacana Kenaikan Cukai Rokok SKT

Rudy Hartono - 18 May 2024
Anggota Komisi B DPRD Provinsi Jawa Timur, Daniel Rohi. (foto : hamidiah kurnia/Superradio.id)

SR, Surabaya – Anggota Komisi B DPRD Jatim Daniel Rohi soroti rencana kenaikan pajak cukai rokok 2025. Menurutnya hal tersebut berpotensi merugikan banyak pihak.

Seperti diketahui, pemerintah berencana memberlakukan kenaikan pajak cukai untuk Industri Hasil Tembakau (IHT) khususnya terhadap segmen rokok sigaret kretek tangan (SKT) pada tahun 2025.

“Cukai naik hampir tiap tahun tetap orang tidak akan surut untuk merokok, justru dengan naiknya cukai ini akan menyebabkan maraknya rokok ilegal, jadi kita tolak keras,” tuturnya.

Jika ini diberlakukan, lanjutnya, maka yang paling terdampak adalah petani tembakau. Terlebih rokok ilegal makin masif beredar dan membuat produksi rokok dalam negeri turun.

Ia mencontohkan kondisi saat ini, dimana produksi rokok makin menurun hingga 11 persen. “Turunnya produksi membuat pemasukan dari cukai juga turun, kalau cukai naik bisa makin turun, jadi pemerintah janganlah gegabah menaikkan cukai rokok,” ucapnya.

Karena itu, ia berharap pemerintah dapat terjun langsung ke lapangan dan melihat kondisi yang terjadi sebelum memutuskan suatu kebijakan.

“Kenaikan cukai ini bisa berefek domino dan itu harus dipikirkan. Kalau industri berhenti, maka banyak pekerja dirumahkan menaikkan pengangguran, kasihan juga petani tembakau, yang jelas kita tolak masa tiap tahun cukai naik,” pungkasnya. (rh/red)

Tags: , , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.