Renny Pramana Upayakan Pengembalian Arca Situs Tondowongso

Yovie Wicaksono - 3 June 2022

SR, Kediri – Warga Desa Gayam, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri menginginkan situs arca yang dibawa oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan Mojokerto untuk penelitian segera dikembalikan ke tempat asal.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Desa setempat, Susilo saat menghadiri kegiatan penyerapan aspirasi masyarakat (Reses) Ketua Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur, Wara Sundari Renny Pramana, Kamis (2/6/2022).

“Ditemukan situs Tondowongso sejak tahun 2006 kalau nggak salah. Itu sempat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Karena adanya temuan situs ini, mungkin dulu tidak ada kesepakatan antara pihak Pemerintah Desa dengan Pemerintah Kabupaten, akhirnya situs ini dibawa ke Trowulan Mojokerto. Sampai hari ini bunda, belum ada titik kejelasanya bahkan sempat kami sampaikan ke lembaga yang menangani,” ujarnya.

“Bahkan sebenarnya tanah yang ada di situs tersebut sudah dibebasalihkan kepemilikannya ke Pemerintah Kabupaten Kediri. Harapan kami, mohon bantuannya situs ini bisa dilestarikan ke Desa Gayam, paling tidak nantinya bisa membantu perekonomian warga,” sambungnya.

Permintaan kepala desa yang mewakili aspirasi masyarakat Desa Gayam  ini, kemudian direspon oleh perempuan yang akrab disapa Renny Pramana tersebut.

“Persoalan situs ini juga masuk ke komisi saya, kebudayaan. Nanti saya akan komunikasikan dulu sama pak Wignyo (Kepala Dinas Pariwisata) Kabupaten Kediri. Kemudian nanti saya akan mengundang dari Dinas Pariwisata Provinsi Jawa timur agar bisa terhubung  dengan Pariwisata Kabupaten Kediri sehingga bisa menyelesaikan situs yang sudah terlanjur di bawah ke Trowulan,” ujar Renny.

Selain menjawab persoalan situs arca Tondowongso, Bendahara DPD PDI Perjuangan Provinsi Jawa Timur ini juga menyerap keluhan masyarakat Desa Gayam terkait penerangan jalan raya serta terbatasnya ketersediaan pupuk. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.