Ratusan Anak Difabel Melukis di KBS

Yovie Wicaksono - 7 August 2022

SR, Surabaya – Sebanyak 106 anak difabel jenjang pendidikan SD hingga SMA dari 30 Sekolah Luar Biasa (SLB) di Kota Surabaya nampak antusias melukiskan berbagai jenis satwa di atas tas kanvas di Kebun Binatang Surabaya, Minggu (7/8/2022) pagi.

Salah satu peserta dari SLB Tunas Mulia, Najwa Aulia Z merasa senang bisa melukis bersama dengan teman-temannya. Apalagi, momen ini menjadi pengalaman pertamanya.

“Senang. Ini gambar jerapah seperti yang ada di kandang,” ujar siswi kelas 4 SD ini menggunakan bahasa isyarat.

Sementara itu, Kepala Seksi Humas KBS, Agus Supangkat mengatakan, kegiatan ini adalah rangkaian peringatan Hari Jadi KBS ke-106 pada 31 Agustus mendatang yang mengusung tema “Lestarikan Budaya dan Konservasi menjadi Kebun Binatang Surabaya Tangguh”.

“Rangkaian itu dimulai hari ini, yakni melukis bersama 106 difabel dari beberapa SLB di Surabaya. Kami mencoba memberikan wadah untuk anak-anak disabilitas yang tentunya mereka memiliki banyak potensi, salah satunya melukis yang bisa dikembangkan sehingga adek-adek ini tetap semangat dalam meraih cita-cita dan karirnya,” ujar Agus disela-sela acara.

Hasil lukisan mereka nantinya akan dipajang selama dua minggu ke depan di area KBS dan bagi para pengunjung yang tertarik, bisa membeli karya-karya tersebut.

“Yang menentukan harganya peserta, paling mahal Rp200.000. Nanti sebagian hasil penjualan akan didonasikan untuk konservasi satwa dan juga dikembalikan kepada peserta,” katanya.

Selan melukis, juga dilakukan penanaman lima jenis bibit pohon, yakni Mahoni, Bintaro, Sawo Kecik, Pohon Canon dan Mangga di area KBS yang dilakukan Dirut KBS, Khoirul Anwar bersama perwakilan anak disabilitas.

Sekadar informasi, selain kegiatan hari ini, juga dilakukan melukis diarea KBS dengan 106 pelukis pada Minggu (14/8/2022), dilanjutkan flashmob tari remo 318 penari pada Minggu (21/8/2022), lalu pagelaran wayang kulit bersama dalang Ki Cahyo Kuntadi dengan sinden Nyi Sukesi dan diramaikan dagelan Tawar dan Agus Kuprit pada Jumat (26/8/2022). (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.